Rayakan Ultah, Pemkot Tangerang Hapus Denda Pajak PBB

Pertahankan Devisa Ekspor, Pemerintah Tambah Keringanan Pajak
February 6, 2019
Pemerintah Bakal Ajukan Keringanan PBB untuk Blok Migas Gross Split
February 6, 2019

TANGERANG — Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang menghapuskan sanksi administratif (denda) Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Perkotaan dan Pedesaaan (P2) bagi warga Kota Tangerang. Penghapusan denda PBB itu dilaksanakan dalam rangka menyambut hari jadi Kota Tangerang ke 26 yang jatuh pada 28 Februari 2019.

“Khusus di ulang tahun kali ini, kita punya program penghapusan denda atau sanksi administratif bagi wajib pajak yang menunggak PBB,” ujar Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Herman Suwarman dalam keterangan resminya, Sabtu (2/2).

Ia mengatakan, penghapusan denda administratif tersebut efektif berlaku mulai 1 Februari hingga 31 Maret 2019. Penghapusan denda tersebut, lanjut Herman, diharapkan juga dapat menggenjot pendapatan Kota Tangerang dari sektor PBB.

“Dengan membayar pajak berarti kita telah berkontribusi langsung dalam pembangunan Kota Tangerang,” kata dia.

Herman juga menerangkan bahwa pendapatan daerah dari sektor pajak khususnya PBB terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Pada 2018, target penerimaan pajak sebesar Rp 371 miliar bisa terlampaui, yaitu Rp 392 miliar lebih. Ia menargetkan, pada 2019 pendapatan dari PBB di Kota Tangerang mencapai Rp 425 miliar.

Ia menjelaskan, untuk menggenjot pendapatan daerah dari sektor PBB, Pemkot juga sudah bekerja sama dengan BJB, Alfamart, Indomart dan juga Kantor Pos. “Jadi masyarakat tidak harus datang ke kantor kita bisa langsung bayar pajak di Bank BJB atau di Alfamart, Indomart dan juga Kantor Pos terdekat,” kata dia.

Selain menghapus denda pajak, Pemkot Tangerang juga menggelar program Tangerang Bersedekah yang tersebar di 104 kelurahan. Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah menyatakan program yang juga untuk menyambut hari jadi Kota Tangerang itu menjadi cerminan kepedulian kepada sesama.

“Mudah-mudahan dengan kepedulian kita terhadap sesama membawa kebaikan bagi kita semua. Ini bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT, karena sebentar lagi Kota Tangerang berulang tahun,” kata dia.

Sekretaris Daerah Dadi Budaeri menjelaskan, kegiatan ini rutin di gelar oleh ASN di lingkungan Pemerintah Kota Tangerang sebagai bentuk rasa syukur atas rezeki yang telah diperoleh. “Sumbangan ini diberikan kepada masyarakat yang kurang mampu, yatim paitu dan para janda yang ada di wilayah Kota Tangerang,” kata dia.

Sebagai informasi, pada kegiatan Tangerang Bersedekah kali ini Pemkot Tangerang berhasil mengumpulkan sebanyak 8.982 paket sembako yang dihimpun dari 4.481 pegawai Pemkot Tangerang.

Sumber : republika.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp WA only