Pengusaha Tak Tahu Insentif Pajak, Sri Mulyani: Kebanyakan Kumpul Sih

Jakarta. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melempar canda ke para pengusaha agar tetap banyak bekerja dibandingkan berkumpul tanpa menghasilkan apapun.

Dengan banyak bekerja, kata Sri Mulyani, para pengusaha bisa mendapatkan informasi kebijakan-kebijakan pemerintah yang bisa mendorong bisnisnya. Seperti, adanya kemudahan mendapatkan insentif tax holiday atau libur bayar pajak.

Tax holiday sekarang kita ubah, kita menyiapkan insentif pajak sektoral,” kata Sri Mulyani pada acara KADIN Entrepreneurship Forum 2019 di Shangrila Hotel, Jakarta, Rabu (27/2/2019).

Menurut Sri Mulyani, masih banyak pengusaha yang tidak mengetahui aturan fasilitas libur pajak. Sehingga, masih banyak juga pengusaha yang mengeluhkan hal tersebut kepada Presiden Jokowi.

Padahal, pemerintah berupaya menarik investasi ke dalam negeri, baik dari asing maupun domestik demi meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional. Salah satu yang ditawarkan untuk memikat investor ialah pengurangan pajak penghasilan (PPh) atau tax holiday.

Aturan tersebut tertuang dalam PMK 35/2018 yang berlaku sejak 29 Maret 2018, terdapat beberapa investor atau wajib pajak (WP) yang mendapat persetujuan libur bayar pajak ini.

“Banyak yang nggak tahu, jadi selalu mengeluh ketemu Pak Jokowi mengeluh, pas ketemu oh saya belum tahu. Sekarang saya kasih tahu, jumlah dan bidangnya sehingga tidak perlu lagi mengeluh, jadi janjian yah,” ujar dia.

Insentif tax holiday telah mendatangkan Rp 210 triliun dengan wajib pajak berjumlah 12. Negara asal investor antara lain, China, Malaysia, Hong Kong, Singapura, Jepang, Belanda dan Indonesia. Dari total investasi itu bakal membuka 10.587 lapangan kerja.

Menurut Sri Mulyani, seharusnya para pengusaha Kadin Indonesia bisa memanfaatkan insentif pajak yang disediakan pemerintah. Bahkan, jika pengusaha yang hadir di acara KADIN Entrepreneurship Forum 2019 nilai investasinya bisa mencapai Rp 1.000 triliun.

I think di dalam ruangan ini harusnya ada seribu triliun yang apply tax holiday, harusnya yah. Kenapa sih pada diam saja, terlalu banyak ngumpul kaya gini sih, kerja saja deh,” kata Sri Mulyani.

Sumber : detik.com

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only