Tim Jokowi-Ma’ruf Usulkan Pengenaan Cukai BBM

Tim pemenangan Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin mengusulkan pengenaan cukai untuk 12 barang. Salah satunya: bahan bakar minyak (BBM).

Hasbullah Thabrany, Anggota Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf, mengatakan, tujuan pungutan cukai BBM untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dan meminimalisir pencemaran udara. “Kalau diberi cukai, akan mengurangi konsumsi dan udara jadi lebih bersih,” katanya usai Workshop Aliansi Jurnalis Independen (AJI) di Hotel Royal Padjajaran, Minggu (31/3).

Selain BBM, TKN Jokowi-Ma’ruf juga mengusulkan pengenaan cukai terhadap ban mobil, kayu gelondongan, minuman dengan kandungan gula tinggi, serta makanan yang mengandung kadar garam tinggi.

Hasbullah menjelaskan, TKN sudah menyampaikan usulan tersebut ke Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan, Hanya, prosesnya membutuhkan waktu lama karena harus melewati pembahasan dengan DPR.

Menurut Piter Abdullah, Ekonom Center of Reform on Economics (Core), pungutan cukai BBM bisa menekan produktivitas masyarakat. Tapi, akan membiasakan masyarakat memakai transportasi publik.

Sumber: Harian Kontan

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only