Trump Ancam China

Pemerintah Sedot Likuidasi Lebih Dalam
May 8, 2019
Asing Tinggalkan Pasar Obligasi
May 8, 2019

Washington. Menjelang babak lanjutan perundingan dagang antara Amerika Serikat (AS) dengan China pekan ini, Presiden AS Donald Trump mengumumkan rencananya untuk menaikkan tarif AS atas barang-barang China senilai US$ 200 miliar. Ancaman Trump itu bertujuan menekan Pemerintah China agar secepatnya melanjutkan perundingan.

Trump mengumumkan rencana ini melalui akun pribadi Twitter miliknya. Ini merupakan perubahan sikap Trump yang telah mengutip kemajuan dalam pembicaraan dan memuji hubungan dengan Presiden China Xi Jinping.

Mengutip Reuters, pengumuman Trump datang menjelang putaran pembicaraan antara AS dengan pejabat China di Washington yang dijadwalkan pekan ini.

Pejabat Gedung Putih tidak mengetahui akan mempengaruhi perundingan. Langkah Trump bertentangan dengan keputusannya pada Februari lalu untuk tidak menaikkan tarif impor dari 10% menjadi 25% terhadap barang-barang China senilai US$ 200 miliar berkat kemajuan dalam perundingan dagang. Dalam cuitannya melalui Twitter, Trump menyatakan kenaikan tarif tersebut akan berlaku pada Jumat pekan ini.

Sumber : Harian Kontan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp WA only