Rencana Terbaru Trump Atas China Bisa Bikin Ekonomi AS Resesi

Shanghai – Ancaman Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang akan mengenakan tarif impor baru atas produk impor asal China dinilai keliru. Sebab, hal itu dapat membawa ekonomi Negeri Paman Sam ke jurang resesi. 

Menurut CEO Consumer Technology Association Gary Shapiro, tarif impor merupakan “pembatas ekonomi”. Ia juga menyebut pengenaan tarif itu bukan strategi yang baik untuk membantu AS menyelesaikan perselisihan dagang dengan China.

“Tarif-tarif adalah pajak, mereka menyakiti konsumen, mereka merugikan perusahaan-perusahaan Amerika,” kata Shapiro kepada CNBC International pada konferensi teknologi CES Asia di Shanghai, China, Selasa (11/6/2019). 

Beberapa ekonom telah mengingatkan tarif impor atas barang-barang China, yang berulang kali diklaim Trump menguntungkan AS, dapat menjadi bumerang dan mendorong AS ke dalam resesi.

Meskipun ada kekhawatiran, Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin mengatakan kepada CNBC, Minggu (9/6/2019), bahwa ekonomi AS masih merupakan “titik terang dunia”. Dia juga mengatakan dia melihat tanda-tanda kecenderungan ekonomi akan menurun.

Pada Senin (10/6/2019) waktu setempat, Trump memperbarui ancaman tarif terhadap China setelah Myron Brilliant, Kepala Urusan Internasional di Kamar Dagang AS, mengatakan kepada CNBC “persenjataan tarif” Trump merugikan ekonomi AS dan “menciptakan ketidakpastian” dengan mitra dagangan.

Trump membenarkan bahwa tarif impor tambahannya akan diterapkan bagi China jika Presiden China Xi Jinping tidak muncul pada pertemuan G-20 di Jepang.

Sumber : cnbcindonesia.com

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only