Kisruh Impor Ayam Brasil

Pemerintah Brasil kembali meminta Organisasi Perdagangan Dunia atau World Trade Organization (WTO) membuka panel untuk menginvestigasi kebijakan Indonesia mengenai impor unggas dari Brasil. Langkah ini mereka lakukan lantaran Indonesia dianggap belum menerapkan keputusan WTO, terkait sengketa yang memenangkan Brasil atas aturan impor ayam potong pada tahun 2017.

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementerian Pertanian (Kemtan) I Ketut Diarmita tak banyak berkomentar terkait dalam Brasil ini. Dia hanya menjelaskan bahwa belum ada kesepakatan untuk Indonesia mengimpor daging ayam dari Brasil.

Berbeda dengan daging ayam, dia justru menyebutkan Indonesia telah sepakat untuk mengimpor daging sapi dari Brasil. “Yang sapi sudah (sepakat), untuk ayam belum ada perjanjian,” tutur I Ketut Diarmita, Senin (17/6).

Sebelumnya saat menghadapi gugatan Brasil ke WTO, Indonesia berdalih langkah proteksi terhadap ayam potong impor dilakukan sebagai bagian dari menjaga keamanan pangan, terutama dari sisi halal.

Sumber : Harian Kontan

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only