Situs Web DJP, e-Billing, dan e-Bupot Tak Bisa Diakses Sore Ini

Situs web dan sejumlah layanan elektronik Ditjen Pajak (DJP) tidak dapat diakses untuk sementara waktu pada sore ini, Kamis (9/7/2020).

Informasi ini disampaikan DJP melalui laman resminya. Otoritas mengaku akan melakukan kegiatan uji fungsionalitas sistem dalam rangka menjaga keandalan sistem teknologi informasi dan komunikasi DJP sehingga beberapa layanan elektronik tidak dapat diakses untuk sementara.

“Situs pajak (www.pajak.go.id), e-Billing, dan e-Bupot untuk sementara waktu tidak dapat diakses pada hari Kamis tanggal 9 Juli 2020 mulai pukul 17.00 s.d. 19.00 WIB,” demikian pernyataan resmi DJP.

DJP memohon maaf atas ketidaknyamanan karena penghentian sementara layanan elektronik tersebut. Masyarakat dan wajib pajak pengguna layanan-layanan elektronik tersebut, lanjut DJP, dapat melakukan antisipasi akses pada rentang waktu yang ditentukan.

Seperti diketahui, layanan elektronik saat ini menjadi andalan wajib pajak dan otoritas pajak meskipun DJP sudah membuka pelayanan langsung atau tatap muka mulai 15 Juni 2020. Otoritas masih menganjurkan wajib pajak untuk memanfaatkan saluran elektronik dalam mendapatkan pelayanan perpajakan.

Pelayanan tatap muka dipakai jika keperluan betul-betul tidak bisa dilakukan secara mandiri melalui saluran elektronik. Apalagi, DJP juga menutup beberapa layanan perpajakan yang sudah bisa dilakukan secara elektronik atau online.

Terkait dengan e-Bupot, seperti diketahui, terhitung mulai Agustus 2020, pengusaha kena pajak (PKP) yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama di seluruh Indonesia harus membuat bukti pemotongan dan menyampaikan SPT masa pajak penghasilan (PPh) Pasal 23 dan/atau Pasal 26.

Kewajiban ini dimuat dalam Keputusan Direktur Jenderal Pajak No. KEP-269/PJ/2020. Melalui keputusan yang ditetapkan pada 10 Juni 2020 ini, Dirjen pajak menetapkan PKP yang terdaftar di KPP Pratama di seluruh Indonesia sebagai pemotong PPh Pasal 23 dan/atau Pasal 26.

Sumber : ddtc.co.id

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only