Dampak Pandemi Corona, Perolehan Pajak Kendaraan Bermotor di Pati Alami Penurunan

PATI – Pandemi Covid-19 turut berdampak pada perolehan pajak daerah yang dikelola oleh Unit Pelayanan Pajak Daerah (UPPD) / Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kabupaten Pati.

Penurunan paling terasa di jenis penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB).

Hal tersebut disampaikan Kepala UPPD Kabupaten Pati Hanindyatama ketika diwawancarai Tribunjateng.com di ruang kerjanya, Senin (28/9/2020).

“Pasti terjadi penurunan. Sejak Maret mulai terasa. Namun demikian untuk di Pati menurunnya tidak terlalu banyak. Hingga Agustus lalu (dari sisi perolehan) Pati masih menempati peringkat keempat se-Jawa Tengah,” ujar dia.

Hanindyatama menuturkan, hingga akhir Agustus lalu, perolehan PKB baru mencapai Rp 115,6 miliar atau 59,66 persen dari target murni tahun 2020 sebesar Rp 193,8 miliar.

Menurutnya, dengan angka tersebut, perolehan masih minus tujuh persen dari target bulan Agustus yang seharusnya.

Ia menambahkan, penurunan dari jenis penerimaan BBNKB lebih tinggi lagi, yakni mencapai 22 persen.

Dari target murni 2020 sebesar Rp 151 miliar, hingga akhir Agustus lalu baru tercapai Rp 67,7 miliar atau 44,86 persen.

“(Penurunan) yang banyak ada di BBNKB karena kendaraan baru juga menurun. Leasing juga memberi syarat agak sulit untuk masyarakat, antara lain DP harus tinggi, tenor harus sedikit sehingga otomatis penjualan kendaraan baru menurun. Kemudian awal tahun sampai Juli ada bebas bea balik nama kendaraan bekas, otomatis BBN2 dari kendaraan bekas tidak ada, mutasi masuk maupun balik nama tidak ada,” ungkap Hanindyatama.

Ia mengatakan, karena tidak bisa mengendalikan penjualan kendaraan baru, dalam arti tidak mungkin menyuruh masyarakat membeli kendaraan baru, maka untuk mengatasi penurunan pajak daerah pihaknya akan memacu perolehan PKB.

“Kami tetap menjaga pelayanan sebaik mungkin. Kemudian berkoordinasi dengan Satlantas dan Jasa Raharja terkait dengan penerimaan ini. Lalu ada sinergisasi, kegiatan razia bersama satlantas, dan sebagainya, termasuk pemeberitahuan penagihan tunggakan,” tandas dia.

Sumber : Tribunnews.com

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only