Lima Strategi Mengungkit Ekonomi Kuartal I-2021

JAKARTA. Program pemulihan ekonomi nasional (PEN) menjadi kunci penting dalam pemulihan kesehatan masyarakat sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi. Pemerintah punya lima strategi untuk mengungkit ekonomi pada kuartal pertama tahun ini melalui program PEN.

“Kami melakukan dengan percepatan pelaksanaan program dan pemberian insentif,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam rapat kerja daring bersama Kementerian Perdagangan, Kamis (4/3).

Kelima strategi yang dimaksud, yakni pertama, percepatan realisasi program perlindungan sosial yang mencakup Program Keluarga Harapan (PHK), penyaluran bantuan sosial, Bantuan Sosial Tunai (BST), Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) yang sudah terealisasi Rp 16,59 triliun pada bulan Januari 2021.

Kedua, percepatan penganggaran dan realisasi Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) yang ditargetkan bisa tersalur pada Maret 2021. Ketiga, program padat karya kementerian dan lembaga (K/L) pada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Pertanian, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), dan Kementerian Perhubungan. Keempat, insentif pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) kendaraan bermotor dan pajak pertambahan nilai (PPN) properti. Kelima, percepatan program vaksinasi tahap kedua untuk menciptakan confidence pada masyarakat.

Sumber: Harian Kontan, Jumat 05 Mar 2021 hal 2

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only