Sri Mulyani melaporkan penerimaan PPN dari PMSE mencapai Rp 3,5 triliun

Sejumlah Sektor Bakal Masuk dalam Perluasan PPN, Pemerintah Pastikan untuk Ciptakan Keadilan
September 14, 2021
Sekolah dengan Bayaran Mahal Akan Dikenai PPN
September 14, 2021

JAKARTA. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati melaporkan realisasi penerimaan dari Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dalam lingkup Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE) hingga awal September telah terkumpul Rp 3,5 triliun. Menkeu menyebut, pencapaian tersebut  meningkat 40% dibandingkan periode per akhir Agustus yang mencapai Rp 2,5 triliun. 

“Sampai dengan saat ini kerja sama telah dilakukan terhadap 83 PMSE dan penerimaan pajak yang berhasil dikumpulkan mencapai sekitar Rp 3,5 triliun,” kata Menkeu saat Rapat Kerja bersama Komisi XI DPR RI, Senin (13/9). 

Sebagai informasi, Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan telah kembali menunjuk dua perusahaan yang memenuhi kriteria sebagai pemungut, pelapor, dan penyetor PPN PMSE atas produk digital luar negeri yang dijual kepada konsumen di Indonesia antara lain WeTransfer B.V dan OffGamers Global Pte Ltd. 

Dengan penambahan dua perusahaan tersebut, maka Pemungut PPN PMSE yang telah ditunjuk Ditjen Pajak menjadi 83 badan usaha.

Adapun aturan mengenai PMSE diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 48/PMK.03/2020. PMK ini antara lain memuat penunjukan pelaku usaha sebagai pemungut PPN PMSE, tatacara pemungutan dan pelaporan PPN PMSE, dan kriteria penetapan pemungut PMSE.

Sumber: kontan.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp WA only