Gara-gara Indonesia, Harga Nikel Dunia Ambles 1% Lebih!

Jakarta, CNBC Indonesia – Harga nikel dunia ambles satu persen pada perdagangan awal pekan. Aksi ambil untung investor dan kecemasan permintaan dari China jadi penyebabnya.

Pada Senin (20/9/2021) pukul 09:20 WIB, harga nikel tercatat US$ 19.157,50/ton. Turun 1,20% dibanding posisi akhir pekan kemarin.

Harga nikel dunia sempat mencapai level US$20.000/ton pada perdagangan akhir pekan lalu karena kekhawatiran pasokan nikel dari Indonesia akan terganggu setelah ada wacana pengenaan pajak ekspor nikel. Kecemasan tersebut timbul setelah Bahlil Lahadalia, Menteri Investasi, mengatakan Indonesia sedang menjajaki kemungkinan mengenakan pajak ekspor atas produk nikel dengan kandungan nikel kurang dari 70% untuk mendorong ekspansi industri pengolahan dalam negeri.

Sementara itu, lesunya aktivitas manufaktur di China yang menurun dikhawatirkan akan berdampak buruk pada permintaan nikel untuk produksi baja tahan karat (stainless steel). Pasalnya China adalah importir nikel terbesar di dunia.

Permintaan yang lesu ini akan menekan harga nikel. Meskipun ada kecemasan berkurangnya pasokan nikel dunia karena pengenaan pajak ekspor nikel di Indonesia.

Sumber: CNBC Indonesia, Senin 20 September 2021

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only