Harga Minyak Turun Akibat Prospek Permintaan yang Menurun

JAKARTA. Harga minyak turun di awal perdagangan hari ini setelah menguat tiga hari berturut-turut. Kamis (6/1) pukul 8.00 WIB, harga minyak WTI kontrak Februari 2022 di New York Mercantile Exchange turun 0,75% ke US$ 77,26 per barel dari penutupan perdagangan kemarin pada US$ 77,85 per barel.

Stok minyak mentah AS turun 2,1 juta barel, sebagian karena insentif pajak bagi produsen untuk mengurangi persediaan sebelum akhir tahun. Tapi, persediaan bensin melonjak lebih dari 10 juta barel, dan stok sulingan naik 4,4 juta barel. Analis mengutip permintaan yang lemah selama minggu terakhir tahun 2021 karena pembatasan akibat penyebaran varian Omicron dari virus corona.

Amerika Serikat (AS) melaporkan hampir 1 juta infeksi virus corona baru pada hari Senin, penghitungan harian tertinggi dari negara mana pun di dunia dan hampir dua kali lipat dari puncak AS sebelumnya. Secara keseluruhan produk yang dipasok turun tajam, meskipun empat minggu terakhir permintaan lebih kuat daripada periode yang sama dua tahun lalu sebelum timbulnya pandemi.

“Permintaan produk, terutama untuk bensin, merosot menunjukkan bahwa masyarakat berhati-hati tentang perjalanan setelah melonjaknya kasus varian Omicron. Ketakutan ini kemungkinan akan bertahan selama beberapa minggu lagi,” tulis Caroline Bain, kepala ekonom komoditas Capital Economics seperti dikutip Reuters.

Produsen OPEC+pada hari Selasa sepakat untuk menambah pasokan 400.000 barel per hari pada Februari. OPEC+ mungkin akan berat untuk mencapai target karena anggota termasuk Nigeria, Angola dan Libya menghadapi kesulitan meningkatkan produksi, kata analis Barclays dalam sebuah catatan.

“OPEC+ terus berada di jalur pada peningkatan target output. Tapi pasokan tambahan yang sebenarnya kemungkinan akan jauh lebih kecil, mirip dengan efek permintaan dari Omicron,” ungkap Barclays.

Barclays memperkirakan harga minyak Brent rata-rata US$ 80 per barel pada tahun 2022. 

Sumber : Kontan.co.id

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only