Dukung Kesehatan Lansia, Menteri Keuangan Bakal Naikkan Tarif PPN

SINGAPURA – Menteri Keuangan Singapura Lawrence Wong kembali memberikan sinyal akan menaikkan tarif PPN atau good and services tax (GST) dari 7% menjadi 9% guna mendukung fiskal negara.

Wong mengatakan kenaikan tarif PPN diperlukan untuk meningkatkan kemampuan pemerintah dalam melakukan pembangunan. Dia menilai Singapura saat ini sudah berada pada titik balik kritis dalam menangani pandemi Covid-19.

“Kita perlu berinvestasi lebih banyak pada SDM dan infrastruktur sosial. Kenaikan tarif PPN akan membantu menghasilkan pendapatan yang kita butuhkan untuk mencapai tujuan ini,” katanya dalam unggahannya di Facebook, dikutip pada Minggu (13/2/2022).

Wong menuturkan tambahan pendapatan negara karena kenaikan tarif PPN akan digunakan untuk mendukung kebutuhan perawatan kesehatan yang berkembang. Dengan kebijakan itu, pemerintah akan dapat merawat warga lanjut usia dengan lebih baik.

Dia menilai kenaikan tarif PPN dapat dilakukan berbarengan dengan langkah-langkah transisi untuk meredam dampaknya pada kehidupan masyarakat. Misalnya pada pasangan yang berpenghasilan Sin$5.000 per bulan dengan 2 anak, mereka akan dapat menerima bantuan Paket Jaminan senilai Sin$6.500.

Pemerintah juga akan meningkatkan voucer PPN guna lebih mendukung keluarga berpenghasilan rendah secara permanen.

“Saya tahu banyak yang khawatir tentang biaya hidup dan karena itulah kami melakukan serangkaian tindakan komprehensif untuk melindungi dampak PPN pada rumah tangga berpenghasilan rendah dan menengah, serta pensiunan,” ujarnya seperti dilansir channelnewsasia.com.

Wong akan menjelaskan lebih terperinci mengenai kebijakan rencana kenaikan tarif GST tersebut dalam pembacaan APBN 2022 di depan DPR pada 18 Februari mendatang.

Rencana kenaikan tarif GST sebesar 2% pertama kali disampaikan pada 2018 saat pidato APBN oleh Menteri Keuangan Heng Swee Keat. Namun, rencana itu ditunda karena adanya tekanan ekonomi yang ditimbulkan pandemi Covid-19.

Sumber : DDTCNews

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only