Kemenkeu Mengantongi PPh Rp 2,30 Triliun dari Tax Amnesty Jilid II

JAKARTA. Jumlah Wajib Pajak (WP) yang mengungkapkan hartanya dalam Program Pengungkapan Sukarela (PPS), atau lebih awam dengan Tax Amnesty Jilid II, makin bertambah pada awal Maret 2022. 

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan mencatat, hingga 2 Maret 2022 pukul 08.00 WIB, sebanyak 18.396 WP sudah mengungkapkan hartanya.

Berdasarkan informasi dalam laman resmi DJP, surat keterangan yang sudah dikumpulkan oleh WP sebanyak 20.603 dengan nilai harta bersih yang sudah diungkapkan tembus Rp 22 triliun atau lebih tepatnya mencapai Rp 22,20 triliun. 

Dari jumlah tersebut, sebanyak Rp 19,43 triliun merupakan aset deklarasi dalam negeri dan repatriasi. Sedangkan Rp 1,39 triliun merupakan harta peserta yang termasuk deklarasi luar negeri. 

Lebih lanjut, harta peserta PPS yang sudah diinvestasikan mencapai Rp 1,37 triliun. Asal tahu saja, peserta PPS ini bisa memilih untuk berinvestasi di surat berharga negara (SBN) atau berinvestasi di perusahaan yang bergerak di bidang hilirisasi sumber daya alam (SDA) atau energi baru dan terbarukan (EBT). 

Dengan demikian, secara keseluruhan, dari pengungkapan harta hingga periode tersebut, perolehan Pajak Penghasilan (PPh) oleh pemerintah sudah mencapai Rp 2,30 triliun.

Sumber: DDTCNews

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only