WP Diminta Patuh Bayar Pajak, Menko Airlangga Kejar Kenaikan Tax Ratio

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengajak masyarakat patuh menjalankan kewajiban pajaknya, termasuk melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan 2021.

Airlangga mengatakan pemerintah membutuhkan pajak untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional dari pandemi Covid-19. Menurutnya, kepatuhan masyarakat akan berdampak pada peningkatan penerimaan pajak dan pada akhirnya mengerek tax ratio, yang pada tahun lalu tercatat 9,11% PDB.

“Kami berharap dengan pertambahan penerimaan negara ini, tax ratio kita bisa terus diperbaiki dalam 1-2 tahun ke depan,” katanya dalam acara Pelaporan SPT Tahunan oleh Pejabat Negara, Selasa (8/3/2022).

Airlangga mengatakan telah melaporkan SPT Tahunan secara online melalui e-filing. Menurutnya, sistem pelaporan SPT Tahunan secara online telah memberikan kemudahan karena dapat dilakukan tanpa harus ke kantor pajak.

Dia menilai pelaporan SPT Tahunan menunjukkan kecintaan wajib pajak kepada negara. Hal itu karena pajak menjadi sumber penerimaan terbesar sehingga kontribusi wajib pajak sangat berarti bagi negara, terutama di tengah pandemi Covid-19.

Pada periode pandemi, Airlangga menyebut pemerintah juga menggunakan instrumen pajak untuk membantu masyarakat melalui pemberian insentif. Apalagi, saat ini juga telah disahkan UU Harmonisasi Peraturan Perpajakan (HPP) berisi berbagai kebijakan yang dapat dimanfaatkan masyarakat.

“Banyak kesempatan yang bisa dimanfaatkan dengan UU HPP, dan saya juga mendorong kesadaran masyarakat untuk memanfaatkan program yang diberikan sehingga kepatuhan pajak ini bisa memberikan pertambahan dari penerimaan negara,” ujarnya.

Pada tahun lalu, pemerintah dan DPR mengesahkan UU HPP sebagai bagian dari upaya pemerintah melaksanakan reformasi perpajakan. Ruang lingkup pengaturan UU HPP meliputi ketentuan umum dan tata cara perpajakan (KUP), pajak penghasilan (PPh), pajak pertambahan nilai (PPN), program pengungkapan sukarela (PPS), pajak karbon, serta cukai.

Sumber : DDTCNews

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only