PPh Chairul Tanjung Naik Jadi 35 Persen hingga Shopee Error

Jakarta, dimulai dari tanggapan Chairul Tanjung saat Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebut PPH orang kaya seperti CT naik jadi 35 persen hingga Shopee error.

Adapula berita tentang Kepala Otorita IKN Bambang Susantono menjawab soal keragu-raguan publik atas risiko mangkraknya proyek IKN hingga IHSG membukukan rekor angka penutupan tertinggi sepanjang sejarah.

Berikut empat berita terkini ekonomi dan bisnis sepanjang siang ini:

1. Sri Mulyani Sebut Naikkan PPh Orang Kaya Jadi 35 Persen, Chairul Tanjung Senyum

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut tarif pajak penghasilan atau PPh dari Chairman & Founder CT Corp Chairul Tanjung naik menjadi 35 persen pada tahun ini. Hal tersebut disampaikan oleh Sri Mulyani dalam gelaran CNBC Indonesia Economic Outlook 2022 pada Selasa, 22 Maret 2022.

Sri Mulyani menjadi narasumber dalam dialog ekonomi yang dipandu langsung Chairul. Mulanya, Chairul bertanya mengenai kebijakan perpajakan yang berlaku pada tahun ini. Sri Mulyani kemudian menjelaskan bahwa terdapat langkah reformasi pajak melalui pemberlakuan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (UU HPP).

Salah satu butir aturan dalam UU tersebut adalah kenaikan tarif PPh menjadi 35 persen bagi individu yang memiliki penghasilan di atas Rp 5 miliar per tahun. Sebelumnya, orang-orang di golongan crazy rich itu dikenakan pajak 30 persen, berarti terdapat kenaikan 5 persen.

“Kebijakan PPh jelas, yang tidak ada penghasilan ya tidak bayar pajak, kayak Pak CT [Chairul Tanjung] yang kaya, saya naikkan jadi 35 persen,” ujar Sri Mulyani pada Selasa.

Chairul Tanjung tersenyum saat Sri Mulyani mengeluarkan jawaban itu. Berdasarkan catatan Forbes, kekayaan Chairul mencapai sekitar Rp 79 triliun, yang berasal dari bisnis retail, jasa keuangan, jasa perhotelan, hingga media.

2. Eksklusif, Bos Otorita IKN Jawab Risiko Proyek Ibu Kota Mangkrak

Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Bambang Susantono menjawab soal keragu-raguan publik atas risiko mangkraknya proyek mercusuar ibu kota baru. Bambang mengatakan pemerintah telah memiliki peta jalan agar ibu kota dapat dibangun secara berkelanjutan.

“Kami buat dengan tahap-tahap sebagaimana layaknya kita bangun kota yang sustainable. Itu sebabnya membangun fondasinya sangat penting karena itulah yang menentukan keberlanjutan,” ujar Bambang dalam wawancara dengan Tempo, Senin, 21 Maret 2022.

Bambang menceritakan sejak sepuluh hari dilantik sebagai pemimpin IKN oleh Presiden Joko Widodo alias Jokowi, ia optimistis proyek akan berjalan. Mantan bos Asian Development Bank (ADB) ini makin yakin lantaran pemerintah memiliki visi untuk membangun ibu kota dengan konsep kota hijau atau green city yang mengandalkan teknologi.

Konsep tersebut sejalan dengan upaya masyarakat dunia mengurangi emisi karbon. Sampai saat ini, Bambang melihat tantangan utama untuk membangun ibu kota sebatas persoalan waktu. “Tantangannya ada tiga. Pertama waktu, kedua waktu, ketiga waktu,” kata dia.

Pemerintah mengejar pembangunan IKN tahap pertama kelar pada 2024. Dua tahun mendatang, sebanyak 60 ribu orang aparatur sipil negara (ASN) sudah mulai dipindahkan ke ibu kota baru, sehingga bangunan pemerintahan, perumahan, fasilitas umum, dan sarana pendukung lainnya harus sudah tersedia.

3. IHSG Cetak Rekor Penutupan Tertinggi Sepanjang Masa, Saham BRI Diborong Asing

Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG lanjut menguat di sesi kedua, Selasa, 22 Maret 2022. IHSG menutup sesi di level 7.000,8 atau 0.66 persen lebih tinggi dibanding angka penutupan kemarin di level 6.955,1.

“Sekaligus membukukan rekor angka penutupan tertinggi sepanjang sejarah,” dikutip dari analisis tim Samuel Sekuritas dalam keterangan tertulis Selasa, 22 Maret 2022.

Sebanyak 314 saham menguat, 209 saham melemah, dan 185 saham stagnan pada akhir sesi perdagangan hari ini dengan nilai transaksi mencapai Rp 13,2 triliun.

Di akhir sesi kedua ini, tercatat angka beli bersih investor asing di pasar reguler sebesar Rp 816,9 miliar. Sementara itu, di pasar negosiasi tercatat jual bersih asing sebesar Rp 86,6 miliar.

Saham dengan nilai net buy asing tertinggi di pasar reguler, BBRI (Rp 339,7 miliar), TLKM (Rp 187,4 miliar), dan ANTM (Rp 97,4 miliar).

4. Shopee Error Ramai di Twitter

Pengguna e-commerce mengeluhkan layanan Shopee yang tak bisa digunakan. Shopee mendadak mengalami gangguan hingga tak bisa dipakai selama beberapa jam.

Saat mengakses Shopee, pengguna akan mendapatkan pemberitahuan ‘gagal memuat halaman’ ketika ingin melakukan transaksi. Gangguan tersebut akhirnya dikonfirmasi oleh Shopee Indonesia pada Selasa siang, 22 Maret 2022.

Sobat Shopee, beberapa layanan Shopee tengah mengalami gangguan. Shopee mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Namun tidak perlu khawatir, transaksi yang telah dilakukan pelanggan dan mitra akan dapat segera dilakukan kembali,” cuit akun Twitter @ShopeeID.

Selain tak bisa digunakan, beberapa akun pengguna tiba-tiba melakukan logout sendiri dan tak bisa login kembali.

Penyebab gangguan ini diakibatkan Shopee tengah melakukan pemeliharaan sistem. Shopee pun meminta pengguna untuk menunggu sampai masalah berhasil ditangani.

Dari pantauan Bisnis, kegagalan sistem ini juga dirasakan oleh para pengguna Shopee di luar negeri. Akibat masalah ini, Shopee pun menjadi trending topik di Twitter setelah dicuitkan sebanyak 136 ribu kali.

Sumber: Bisnis.com

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only