Pacu Investasi Mobil Listrik, Thailand Perluas Insentif Pajak

BANGKOK, Pemerintah Thailand memutuskan untuk memperluas pemberian insentif pajak untuk makin mendorong penggunaan kendaraan listrik di dalam negeri.

Sekjen Dewan Investasi Thailand Duangjai Asawachintachit mengatakan pemerintah terus berupaya membuat investasi di sektor mobil listrik makin menarik, sekaligus mempertahankan status Thailand sebagai pusat produksi mobil listrik utama di Asia Tenggara.

“Dengan ini, insentif yang diberikan akan tetap relevan dalam lingkungan bisnis yang berubah dengan cepat,” katanya, dikutip pada Senin (11/4/2022).

Duangjai menuturkan pemerintah telah mengkaji perluasan insentif pajak pada sektor kendaraan listrik. Kali ini, insentif pajak diberikan untuk stasiun pengisian listrik berskala kecil yang memenuhi syarat selama 3 tahun.

Ketentuan itu akan melengkapi kebijakan sebelumnya, yaitu pemberian insentif pembebasan pajak penghasilan (PPh) badan selama 5 tahun untuk investasi pada stasiun pengisian dengan kapasitas 40 pengisi daya.

Sejalan dengan itu, Duangjai menyebut kondisi yang menghambat investor untuk menerima insentif tambahan dari institusi lain dan persyaratan untuk sertifikasi ISO juga telah dihapus.

Tambahan informasi, nilai investasi asing yang masuk, termasuk industri otomotif, sudah mencapai 110,7 miliar baht atau setara dengan Rp47,3 triliun sepanjang periode Januari-Maret. Jumlah tersebut naik 6% karena tantangan geopolitik dan ekonomi global.

Meski demikian, catatan komitmen investasi asing saja naik 29% menjadi 77,3 miliar baht atau Rp33 triliun pada periode Januari-Maret 2022. Investor tersebut kebanyakan dari Taiwan, Jepang, dan China.

Seperti dilansir pattayamail.com, industri otomotif menduduki posisi tertinggi dengan nilai investasi 41,6 miliar baht atau Rp17,8 triliun, diikuti pertanian dan pengolahan makanan 12 miliar baht atau Rp5,1 triliun, dan elektronik 10,3 miliar baht atau Rp4,4 triliun.

Sumber: DDTCNews

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only