Ekonomi Cina Lesu Akibat Lonjakan Covid-19, Tumbuh 4,8% pada Kuartal I

Ekonomi Cina pada kuartal pertama tahun ini tumbuh 4,8% secara tahunan, melampaui ekspektasi para analis sebesar 4,4% meskipun terdapat dampak lockdown di beberapa bagian negara tersebut. Perekonomian Cina melambat dibandingkan kuartal pertama tahun lalu yang mencapai 18,3%, tetapi lebih cepat dibandingkan kuartal IV 2021 sebesar 4%.

Mengutip Reuters, awal yang sangat kuat dalam dua bulan pertama tahun ini meningkatkan angka-angka utama. PDB Cina naik 1,3% pada Januari-Maret secara kuartal-ke-kuartal, lebih tinggi dibandingkan dengan ekspektasi sebesar 0,6% dan 1,5% yang direvisi di kuartal sebelumnya.

Namun, risiko global yang meningkat dari perang di Ukraina, langkah penguncian   atau lockdown Covid-19 yang meluas, dan pasar properti yang lemah menahan laju ekonomi terbesar kedua di dunia itu. Beberapa ekonom mengatakan risiko resesi meningkat.

Data aktivitas Maret menunjukkan, penjualan ritel berkontraksi bulan lalu secara tahunan karena pembatasan Covid-19 yang meluas di seluruh negeri. Itu turun 3,5%, lebih buruk dari ekspektasi untuk penurunan 1,6% dan peningkatan 6,7% pada Januari dan Februari.

Biro Statistik Nasional mencatat, konsumsi menyumbang 69,4% dari pertumbuhan PDB kuartal pertama Cina, turun dari 85,3% pada kuartal keempat 2021.

“Bahkan jika pertumbuhan PDB Q1 lebih besar dari pertumbuhan 4,0% di Q4, itu masih jauh dari target tahunan Cina sebesar 5,5%,” kata Wang Jun, kepala ekonom di Zhongyuan Bank.

Pertumbuhan ekonomi Cina pada Maret sangat dipengaruhi oleh pembatasan anti-virus, tercermin dari konsumsi yang sangat terpukul di sektor jasa. Ia memperkirakan ekonomi Cina pada kuartal kedua ini akan mengalami tekanan yang lebih besar

“Sejauh mana ekonomi kehilangan tenaga akan bergantung pada apakah Cina akan membuat penyesuaian yang fleksibel terhadap tindakan anti-virusnya dan menawarkan dukungan yang lebih besar melalui kebijakan makronya,” kata Wang.

Sektor industri bertahan lebih baik dari yang diharapkan dengan produksi meningkat 5% dari tahun sebelumnya, dibandingkan dengan perkiraan kenaikan 4,5%. Namun, angka ini masih turun dibandingkan peningkatan 7,5% yang terlihat dalam dua bulan pertama tahun ini.

Investasi aset tetap meningkat 9,3% secara tahunan pada kuartal pertama, dibandingkan dengan peningkatan 8,5% yang diperkirakan oleh jajak pendapat Reuters. Angka ini turun dari pertumbuhan 12,2% dalam dua bulan pertama.

Penjualan rumah berdasarkan nilai pada bulan Maret merosot 26,17% secara tahunan, penurunan terbesar sejak Januari-Februari 2020. Ini menunjukkan penurunan yang semakin dalam di pasar properti.

Analis mengatakan data April kemungkinan akan lebih buruk akibat lockdown di pusat komersial Shanghai dan tempat lain yang berlarut-larut. Pasar kerja sudah menunjukkan tanda-tanda stres. Tingkat pengangguran berbasis survei nasional Cina mencapai 5,8% pada bulan Maret, tertinggi sejak Mei 2020, dan naik dari 5,5% pada bulan Februari.

Tekad pemerintah untuk menghentikan penyebaran rekor kasus Covid-19 telah menyumbat jalan raya dan pelabuhan, membuat pekerja terdampar dan menutup banyak pabrik – gangguan yang beriak melalui rantai pasokan global untuk barang-barang mulai dari kendaraan listrik hingga iPhone.

Bank Sentral Cina pada akhir pekan lalu mengumumkan akan memotong uang tunai yang harus dipegang bank sebagai cadangan untuk pertama kalinya tahun ini. Kebijakan ini akan melepaskan sekitar 530 miliar yuan atau US$ 83,25 miliar dalam likuiditas jangka panjang perbankan dan diharapkan dapat meredam perlambatan tajam dalam pertumbuhan ekonomi. 

“Saya melihat pembuat kebijakan Cina akan mempercepat pengeluaran fiskal mereka dan lebih jauh melonggarkan kebijakan moneter. Langkah-langkah ini dapat membantu pertumbuhan PDB,” kata Macro Sun, kepala analis pasar keuangan di MUFG. 

Pemerintah  Cina telah meluncurkan lebih banyak stimulus fiskal tahun ini, termasuk meningkatkan penerbitan obligasi lokal untuk mendanai proyek infrastruktur, dan memotong pajak untuk bisnis.

Meski demikian, para analis tidak yakin apakah penurunan suku bunga akan banyak membantu menahan kemerosotan ekonomi dalam waktu dekat, karena pabrik dan bisnis berjuang dan konsumen tetap berhati-hati tentang pengeluaran. Pelonggaran yang lebih agresif juga dapat memicu arus keluar modal, memberikan lebih banyak tekanan pada pasar keuangan Cina.

Cina telah menargetkan pertumbuhan ekonomi yang lebih lambat sekitar 5,5% tahun ini karena hambatan, tetapi beberapa analis mengatakan bahwa sekarang mungkin sulit untuk dicapai tanpa langkah-langkah stimulus yang lebih agresif.

Dana Moneter Internasional atau IMF meramalkan bahwa tahun 2022 akan menjadi tahun yang cukup sulit. Dalam World Economic Outlook Update edisi Januari 2022, IMF memprediksi negara-negara adidaya seperti Amerika Serikat Cina akan mengalami perlambatan ekonomi. 

Sumber : Katadata.co.id

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only