Pemda Terjunkan Petugas Cek Objek Pajak Daerah Selama Musim Mudik

MOJOKERTO, Pemerintah Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, berencana mengoptimalkan penerimaan pajak daerah selama periode libur dan cuti bersama Lebaran 2022. Pasalnya, momentum libur Lebaran dipastikan akan dibarengi dengan peningkatan mobilitas dan konsumsi masyarakat.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Mojokerto Mardiasih memprediksi penerimaan pajak hotel, pajak restoran, dan pajak hiburan akan meningkat dalam periode libur Lebaran sehingga perlu diawasi lebih ketat.

“Memaksimalkan potensi pajak karena saat itu hari-hari ramai. Kalau kita hanya mengandalkan [laporan] dari wajib pajak dimungkinkan tidak sesuai dengan realita di lapangan,” katanya, dikutip Selasa (27/4/2022).

Mardiasih mengatakan Bapenda telah membentuk tim khusus untuk menggenjot pendapatan asli daerah (PAD) pada kuartal II/2022 dengan memanfaatkan momen Lebaran. Selain itu, Bapenda juga telah menyiapkan sejumlah strategi untuk mengoptimalkan beberapa jenis pajak daerah termasuk pajak hotel, pajak restoran, dan pajak hiburan.

Selama periode Lebaran, tim bakal dipecah menjadi 3, yakni untuk bagian pajak hotel, pajak restoran, dan pajak hiburan.

Mardiasih menjelaskan secara umum tim khusus tersebut akan aktif turun ke lapangan untuk mendatangi wajib pajak. Dengan strategi ini, tim akan melakukan monitoring sekaligus melakukan jemput bola ke berbagai tempat usaha.

Dia optimistis upaya optimalisasi pajak daerah pada periode Lebaran akan berjalan baik karena status pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Kabupaten Mojokerto sudah berada pada level 1.

Adapun secara wilayah, Bapenda akan berfokus pada kawasan pariwisata Pacet dan Trawas. Pemkab memperkirakan akan terjadi lonjakan kunjungan wisatawan di 2 kawasan tersebut pada libur Lebaran tahun ini.

“Momen-momen ramai ini bakal dimanfaatkan tim kami ke lapangan melakukan pemantauan pajak. Langsung mendata ke lapangan sebagai optimalisasi pemungutan pajak,” ujarnya dilansir radarmojokerto.jawapos.com.

Sumber: DDTCNews

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only