Sri Mulyani soal Pajak bagi Masyarakat: Listrik, Gas, Itu Subsidi

Menteri Keuangan Sri Mulyani blak-blakan soal fungsi bayar pajak bagi masyarakat. Hal itu ia sampaikan dalam acara acara Securitization Summit 2022, Rabu (6/7).

Ia menekankan uang pajak tersebut pada akhirnya akan dikembalikan lagi kepada masyarakat secara lebih luas.

Ani, sapaan akrabnya, menjelaskan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) terdapat dedicated financial atau keuangan khusus yang cukup signifikan. Namun, hal itu tak banyak diketahui masyarakat.

“Tidak Semua masyarakat memang merasakan. Tapi ada cukup besar masyarakat yang merasakan manfaat APBN langsung itu uang dari pajak yang kami pakai, untuk rakyat lagi,” jelasya.

Bendahara negara itu juga menyebut banyak menggelontorkan dana dari APBN untuk subsidi perumahan hingga energi. Hal itu jelas ditujukan untuk rakyat.

“Jadi kalau sering masyarakat menanyakan buat apa saya bayar pajak? Banyak manfaatnya contoh adalah perumahan Anda,” sambung Ani.

Ia pun memberikan contoh lain dengan menyinggung mungkin saat ini ada rakyat yang pakai listrik, minum teh di rumah, membuat sarapan dengan dimasak, itu ada andil dari APBN juga.

“Semuanya yang duduk hari ini dari tadi pagi pakai listrik, pasti minum teh di rumah, mungkin ada yang sarapannya nasi goreng. Itu semuanya gas LPG-nya ada subsidi pemerintah. Itu dari APBN sebagian uang pajak Anda dipakai untuk Anda juga masyarakat,” jelasnya.

Ani tidak bosan-bosannya mengingatkan masyarakat terkait fungsi membayar pajak dan ke mana uang itu mengalir. Sebab, itu adalah kewajibannya sebagai Menteri Keuangan.

“Sebagai Menteri Keuangan saya selalu menjadi tukang bicara seperti itu karena sebagai bendahara negara harus bisa menjelaskan uangnya dari mana, untuk apa, siapa yang memanfaatkan atau siapa yang mendapatkan manfaat,” tandasnya.

Sumber: cnnindonesia.com

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only