Realisasi Belanja Produk Lokal Rp 400 T, Jokowi: Sudah Lebih dari Target

JAKARTA, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan realisasi belanja produk dalam negeri atau lokal dari anggaran belanja daerah dan pusat sudah mencapai Rp 400 triliun dari total Rp 800 triliun. Realisasi anggaran tersebut sudah melebihi dari target.

“Kemarin sudah komitmen lebih dari Rp 800 triliun dan realisasi sudah lebih dari Rp 400 triliun. Angka tersebut sudah melebihi target,” kata Jokowi dalam acara peluncuran KKP Domestik dan QR Code Indonesian Standard (QRIS) Antarnegara di Gedung BI, Jakarta, Senin (29/8/2022).

Kendati demikian, Jokowi menginginkan realisasi anggaran belanja produk dalam negeri dapat mencapai Rp 800 triliun. Dengan demikian pergerakan ekonomi di bawah, terutama UMKM dapat terlihat dengan jelas.

“Teapi kalau bisa masuk ke Rp 800 triliun itu dan betul-betul produknya itu produk dalam negeri. Apalagi produk lokal, apalagi produk UMKM, pergerakan ekonomi di bawah ini akan kelihatan,” ujar Jokowi.

Ia ingin komitmen penggunaan produk-produk dalam negeri betul-betul ditaati oleh semua kementerian/lembaga, BUMN, BUMD dan pemerintah daerah. Sehingga semua anggaran belanja dalam APBN maupun APBN ditujukan pada pembelian produk dalam negeri.

“Karena kita sudah membangun juga agar penggunaan produk-produk dalam negeri ini betul-betul kita taati bersama, sehingga belanja belanja pemerintah, BUMN, pemerintah daerah semuanya menuju pada pembelian produk-produk dalam negeri,” terang Jokowi.

Ia tidak ingin, pendapatan pemerintah yang dikumpulkan dari pajak maupun penerimaan negara bukan pajak (PNBP) digunakan untuk belanja produk impor.

“Jangan sampai, saya sudah pesan betul, saya pesan betul, sangat lucu sekali, sangat bodoh sekali kalau uangnya yang dikumpulkan oleh pemerintah, baik dari pajak maupun PNBP masuk menjadi APBN, masuk menjadi APBD kemudian belanjanya produk-produk impor,” ungkap Jokowi.

Karena itu, ia meminta Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan barang dan jasa Pemerintah (LKPP) untuk terus mengawal belanja produk dalam negeri melalui e-katalog.

“Ini yang terus kepala LKPP saya sampaikan berkali-kali agar sistem yang mengawal ini betul-betul segera bisa selesai dan daerah semuanya dengan semangat yang sama, membeli produk-produk dalam negeri,” tegasnya.

Sumber: Investor.id

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only