Luhut: Indonesia Kini Jadi Salah Satu Negara dengan Ekonomi yang Kuat di Dunia

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengklaim Indonesia telah menjadi salah satu ekonomi yang kuat di dunia saat ini. 

“Teapi kita juga tidak bisa menghindari bahwa situasi yang ada di Ukraina, ketegangan yang belum tentu kapan selesainya, berdampak pada pangan dan energi,” ujar Luhut dalam acara Hari Maritim Nasional pada Selasa, 27 September 2022. 

Selain itu, menurutnya ketegangan antara Cina dan Taiwan itu juga berdampak banyak pada perekonomian dunia. Suka atau tidak suka, kata dia, kondisi geopolitik itu juga akan berdampak bagi Indonesia.

“Kita bersyukur sampai hari ini dengan kepemimpinan Presiden Jokowi kita masih mampu meredam keadaan ini, tapi pertanyaannya berapa lama kita bisa?” ucapnya. 

Di sisi lain, ia mengungkapkan dirinya percaya bahwa Indonesia kompak, satu bahasa dalam keadaan yang sangat krusial ini, di mana dunia diramalkan akan masuk pada krisis global atau perfect storm

“Kemarin saya di New York, mereka mengatakan bahwa dunia akan masuk di global krisis atau perfect storm yang akan terjadi dalam waktu beberapa lama ke depan ini,” tuturnya. 

Oleh karena itu ia menekankan pemerintah kini harus menata negeri dengan baik. Dengan kepemimpinan Jokowi, menurutnya, jika semua eleman bersatu padu, dapat mengurangi dampak krisis tersebut ke Indonesia.

Ia berujar The Fed akan menaikkan suku bunganya sampai 4,75 sampai akhir tahun. Hal itu akan berdampak pada ekonomi Indonesia. Inflasi Indonesia, kata dia, masih 4,9, dengan core inflasi di angka 2,8. Tetapi kondisi pangan kini bermasalah. Meski inflasi cukup tinggi, Luhut mengatakan pemerintah sudah bekerja sama menanggulangi dampaknya sesuai instruksi Presiden Jokowi.

“Ayok kita kancingkan baju tangan kita lebih efisien, lebih kompak, lebih padu menghadapi tantangan yang tidak bisa kita hindari,” kata Luhut. 

Menurut Luhut, mau tidak mau krisis itu akan terjadi. Tetapi dengan apa yang ada Indonesia miliki sekarang, tuturnya, pengamat yang ia temui di New York telah memberikan apresiasi atas kondisi ekonomi Indonesia. Khususnya terhadap penanganan ekonomi Indonesia yang dianggap sangat baik.

Sementara itu, ia mengatakan target Indonesia emas pada 2045 harus dijadikan momentum kejayaan maritim, sebagai negara pusat maritim dunia. Luhut berujar ramalan dunia menyatakan bahwa Indonesia akan menjadi salah satu dari empat besar ekonomi dunia pada 2045-2050.

Sumber: tempo.co

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only