Dunia Digital Makin Pesat, UMKM Dituntut Adanya Inovasi

Duta Transformasi Kantor Wilayah (Kanwil) DJP Jakarta Timur menyelenggarakan kegiatan Bussiness Development Services (BDS) “Basic Mindset on Digital Marketing” di Aula Sasana Prba Tungga, Kanwul DJP Jakarta Timur, Jumat (30/9).

Kegiatan ini diselenggarakan bekerja sama dengan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur dengan mengundang tiga puluh pelaku UMKM di Jakarta Timur.

Kegiatan ini bertujuan untuk membina dan mendorong pengembangan usaha secara berkesinambungan sehingga dapat meningkatkan kesadaran (awareness), keterikatan (engagement) dan kepatihan (compliance) terhadap pajak bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Dalam paparannya, Co-Founder of Sosplan Creative Gede Joody Balinda menyampaikan bahwa saat ini perkembangan dunia digital sangat pesat sehingga menuntut adanya inovasi dari para pelaku UMKM untuk dapat memasarkan produknya secara digital.

Untuk itu, para pelaku UMKM perlu memiliki pengetahuan terkait perpajakan, yaitu penggunaan Nomor Induk Keluarga (NIK) sebagai Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) bagi Orang Pribadi serta pemberian faislitas perpajakan bagi pelaku UMKM.

Asal tahu saja, pelaku UMKM memiliki kontribusi atau peranan cukup besar, yaitu perluasan kesempatan kerja dan penyerapan tenaga kerja, pembentukan produk domestik bruto (PDB), penyediaan jaring pengaman terutama bagi masyarakat berpendapatan rendah untuk menjalankan kegiatan ekonomi produktif.

Selain itu, UMKM juga berkontribusi pada ekonomi lokal dengan membawa pertumbuhan dan inovasi ke komunitas dimana bisnis dibangun.

Direktorat Jenderal Pajak sebagai institusi yang bertugas mengumpulkan penerimaan negara, juga memiliki kepedulian dalam hal pembinaan dan pengawasan terhadap pelaku UMKM agar semakin tumbuh dan berkembang melalui program DBS.

Sumber: kontan.co.id

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only