Biden Ancam Pajak Baru untuk Akhiri Peraup Untung dari Perang

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden berjanji mengenakan pajak baru untuk menahan “kelebihan keuntungan” perusahaan-perusahaan minyak Amerika.

Dia bersikeras perusahaan minyak AS harus membantu menurunkan harga bagi konsumen. Biden juga menuduh mereka menuai keuntungan yang tidak semestinya dari konflik di Ukraina.

Presiden membawa industri minyak ke tugas itu selama pidato pada Senin (31/10/2022), berbicara bersama Menteri Energi Jennifer Granholm dan Menteri Keuangan Janet Yellen.

Dia berpendapat perusahaan telah melihat “keuntungan yang begitu tinggi sehingga sulit dipercaya” sejak pertempuran meletus di Eropa Timur awal tahun ini.

Menurut Biden, perusahaan minyak AS harus mulai bertindak di luar “kepentingan pribadi yang sempit” mereka.

“Rekor keuntungan perusahaan minyak hari ini bukan karena mereka melakukan sesuatu yang baru atau inovatif. Keuntungan mereka adalah rejeki nomplok perang, rejeki nomplok dari konflik brutal yang melanda Ukraina dan melukai puluhan juta orang di seluruh dunia,” ujar dia.

Biden menambahkan, “Mereka memiliki tanggung jawab untuk bertindak demi kepentingan konsumen mereka, komunitas mereka, dan negara mereka.”

“Jika tidak, mereka akan membayar pajak yang lebih tinggi atas kelebihan keuntungan mereka dan menghadapi batasan lainnya. Tim saya akan bekerja dengan Kongres untuk melihat opsi-opsi yang tersedia bagi kami ini… Sudah waktunya bagi perusahaan-perusahaan ini untuk menghentikan pencatutan perang,” tegas Biden.

Presiden melanjutkan dengan mencatat pendapatan signifikan yang dilaporkan tahun ini oleh raksasa minyak seperti Shell dan Exxon, dengan mantan perusahaan baru-baru ini mengumumkan laba USD9,5 miliar untuk kuartal ketiga tahun 2022, hampir dua kali lipat dari yang dihasilkan selama periode yang sama tahun lalu.

Sumber : Sindonews.com

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only