Komisi II apresiasi akselerasi perolehan pajak oleh Bapenda

Ketua Komisi II DPRD Provinsi Kaltim Nidya Listiyono mengapresiasi kinerja Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) setempat dalam akselerasi pemenuhan target pendapatan dari pajak, seperti memberikan relaksasi bagi wajib pajak hingga pemberian penghargaan. 

“Cara-cara yang dilakukan oleh Bapenda seperti ini merupakan hal positif, karena dengan ini, maka para wajib pajak akan terpacu untuk membayar,” kata Tio, sapaan akrabnya saat menghadiri Gebyar Pajak Daerah 2022 di Grand Ballroom Hotel Platinum, Balikpapan, Kamis, 10 November lalu. 

Acara tersebut dipadukan dengan sejumlah agenda, yakni pemberian hadiah kepada pemenang taat pajak kendaraan bermotor, pemberian penghargaan kepada perusahaan dan wajib pajak.

Kemudian pemberian penghargaan wajib pungut pajak atas Penggunaan Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) taat pajak, pemberian penghargaan perusahaan taat pajak terhadap pembayaran pajak air permukaan, dan peluncuran pelayanan pajak Gerakan Bersama RT Laku Pandai.

“Saya sangat mengapresiasi ini, terutama terkait pemberian hadiah untuk para wajib pajak yang terdiri dari perseorangan, masyarakat, dan perusahaan, karena dengan cara ini tentu bisa menjadi motivasi bagi yang lain agar segera membayar pajak tepat waktu,, bahkan sebelum jatuh tempo,” katanya. 

Berbagai upaya yang dilakukan Bapenda ini, lanjutnya, tujuannya tentu untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD), apalagi Bapenda Kaltim telah menargetkan PAD di tahun ini surplus sebesar Rp5,8 triliun. (Ghofar /Adv/ DPRD Kaltim).

kaltim.antaranews.com

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only