Wah! Pemkot Metro Siapkan Diskon PBB-P2 Hingga 70 Persen

Pemerintah Kota Metro, Lampung, menyatakan bakal memberikan diskon pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan (PBB-P2) pada tahun ini.

Sekretaris Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Metro Mirza Martha Hidayat mengatakan diskon PBB-P2 akan diberikan secara otomatis pada Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) PBB-P2 yang akan dibagikan kepada wajib pajak. Diskon PBB-P2 tersebut bisa mencapai 70%.

“Pemberian stimulus tersebut sesuai dengan masing-masing ketetapan buku pajak,” katanya, dikutip pada Sabtu (1/7/2023).

Mirza mengatakan pada SPPT PBB-P2 buku 1 dan 2 akan mendapat diskon sebesar 70%, sedangkan pada buku 3 dan 4 didiskon 60%, dan buku 5 diskonnya 30%.

Dia menjelaskan diskon PBB-P2 juga diberikan pada tahun lalu. Oleh karena itu, nominal pada SPPT PBB-P2 tidak akan banyak berubah, kecuali pada buku 3 dan 4 yang mengalami kenaikan diskon dari 50% menjadi 60%.

Selain memberikan diskon, BPPRD juga memberlakukan skema kredit pajak bagi wajib pajak yang telanjur membayar PBB-P2 2022 pada awal tahun sehingga belum menikmati diskon. Kelebihan pembayaran PBB-P2 2022 akan otomatis dihitung sebagai kredit pajak pada SPPT PBB-P2 2023.

“Kelebihan [pembayaran] itu akan kita kompensasikan tahun ini sehingga nanti akan berkurang lagi nilainya,” ujarnya dilansir jejamo.com.

Mirza menyebut BPPRD sedang dalam tahap mencetak SPPT PBB-P2 2023. SPPT tersebut direncanakan mulai didistribusikan pada Juli 2023.

Pada prosesnya, BPPRD juga melibatkan kelurahan untuk menyerahkan SPPT PBB-P2 kepada wajib pajak. Menurutnya, wajib pajak yang tidak puas terhadap nilai SPPT PBB-P2 juga dapat mendatangi kantor BPPRD untuk mengajukan keberatan dari sisi NJOP atau pengurangan nilai ketetapannya.

Sumber : DDTC

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only