Ekonomi Penuh Tantangan, Konglomerat Berencana Kurangi Investasi pada 2023

Lebih dari empat dari 10 konglomerat Korea Selatan berencana untuk mengurangi investasi mereka baik di dalam maupun luar negeri tahun ini di tengah perlambatan ekonomi global dan kondisi pasar yang memburuk.

Menurut survei baru-baru ini oleh Asosiasi Perdagangan Internasional Korea (KITA), 47 persen dari 1.327 perusahaan yang memiliki penjualan luar negeri sebesar USD500.000 atau lebih tahun lalu memperkirakan bahwa keadaan bisnis akan memburuk tahun ini. Sekitar 16,9 persen responden mengharapkan perubahan haluan. Atas prospek yang suram tersebut, 29,5 persen perusahaan memutuskan untuk mengurangi investasi di dalam negeri pada tahun baru dan 27,5 persen memangkas investasi di luar negeri.

  Dari perusahaan berukuran besar, 43 persen mengatakan mereka akan mengurangi investasi mereka baik di dalam maupun luar negeri, survei menunjukkan. Berdasarkan sektor, 45 persen dari perusahaan semikonduktor yang disurvei, atau bagian terbesar di antara semua sektor, mengatakan mereka akan memangkas investasi baru pada tahun 2023, menurut survei tersebut.

  “Turunnya investasi oleh konglomerat besar dapat merusak kinerja ekspor negara secara keseluruhan dan daya saing perusahaan di pasar global. Diperlukan untuk segera menerapkan berbagai insentif pajak dan langkah-langkah lain untuk merevitalisasi sentimen investasi,” kata seorang pejabat KITA dikutip dari Korean Herarld, Senin, 23 Januari 2023.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Korea Selatan telah berjuang dengan momentum ekspor yang melemah dan defisit perdagangan yang meningkat dalam beberapa bulan terakhir karena harga energi yang tinggi, gangguan rantai pasokan, dan penurunan ekonomi global akibat pengetatan moneter yang agresif.

  Pada tahun 2022, ekspor negara itu naik 6,1 persen dalam setahun, tetapi mengalami defisit perdagangan tahunan terbesar yang pernah ada. Untuk bulan Desember, ekspor turun 9,5 persen, memperpanjang penurunan beruntun untuk bulan ketiga berturut-turut.

  Pemerintah mengatakan ekspor diperkirakan turun 4,5 persen pada 2023. Bank of Korea memproyeksikan pada November ekonomi nasional akan tumbuh 1,7 persen pada 2023.

sumber : medcom.id

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only