Pertumbuhan Ekonomi Jawa Barat Lewati Pertumbuhan Ekonomi Nasional, Ini Catatannya

Ekonomi Jawa Barat tumbuh 6,07 persen. Angka itu melebihi pertumbuhan ekonomi nasional pada triwulan III 2022 yang tumbuh positif sebesar 5,72 persen.

Hal itu diungkapkan Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Jawa Barat, Heru Pudyo Nugroho dalam keterangannya, Senin (30/1/2023).

“Pada Sektor riil, perekonomian Jawa Barat Triwulan IV 2022 diperkirakan akan tumbuh positif didukung kinerja penanaman modal dan konsumsi rumah tangga,” ujar Heru Pudyo Nugroho.

Dari sisi fiskal, kata dia, optimalisasi belanja Pemerintah Pusat dan Daerah dengan menjaga kinerja Pendapatan Negara dan Daerah yang berkinerja baik menjadi stimulus pemulihan ekonomi hingga akhir Desember 2022.

Sementara itu, kata dia, kinerja Pendapatan Negara masih tumbuh positif, sejalan dengan pemulihan ekonomi Jawa Barat.

Capaian realisasi penerimaan perpajakan bersumber dari penerimaan pajak, kepabeanan dan cukai. Dari sisi penerimaan pajak, hingga akhir Desember 2022 capaian tercatat sebesar Rp104,97 triliun atau 118,17 persen terhadap target APBN.

Penerimaan pajak tersebut tumbuh sebesar 32,74 persen secara years on years (yoy). Secara nominal, penerimaan pajak ditopang oleh lima sektor dominan diantaranya Industri Pengolahan, Perdagangan Besar dan Eceran, Administrasi Pemerintahan, Kegiatan Jasa Lainnya, dan Real Estat yang menyumbang sebesar 79,97 persen dengan nilai nominal sebesar Rp83,95 triliun.

Secara keseluruhan kinerja APBN di Jawa Barat sampai dengan bulan Desember 2022 sangat baik dalam mendorong pertumbuhan ekonomi regional Jawa Barat dan juga didukung konsumsi rumah tangga dan penanaman modal.

“Meskipun demikian, kenaikan harga-harga komoditas dan dampak ekonomi global yang masih berlangsung terhadap perekonomian Jawa Barat perlu diwaspadai agar tidak menimbulkan dampak terhadap sisi penerimaan negara karena tahun 2023 sudah menerapkan defisit APBN sebesar 3 persen terhadap PDB,” ucapnya.

Sumber : Jabar.tribunnews.com

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only