Presiden Jokowi Tegaskan Hilirisasi Demi Kemakmuran Rakyat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, kebijakan hilirisasi sangat penting dilakukan untuk mewujudkan kemakmuran rakyat Indonesia. Pemerintah sendiri telah melarang hasil sumber daya alam mentah untuk di ekspor ke luar negeri.

“Setiap negara berhak mensejahterakan rakyatnya dan kita tahu kekayaan alam yang diambil disini seharusnya digunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat kita. Masa iya kita punya sumber daya alam kita mau olah dan pakai buat kemakmuran rakyatnya enggak boleh,” ungkap Presiden Jokowi dalam wawancara eksklusif bersama Direktur Pemberitaan B Universe, Apreyvita Wulansari yang disiarkan BTV, Selasa (31/1/2023).

Menurut Jokowi, adanya kebijakan hilirisasi yang ditetapkan pemerintah bisa menambah keuntungan Indonesia berkali-kali lipat.

“Dari proses hilirisasi ini, akan bisa menambah keuntungan kita. Kita bisa membuka lowongan pekerjaan bagi rakyat kita, kita bisa pungut pajak karyawan, bisa dapat PPN, bisa dapat royalti, bisa dapat PNBP. Artinya, keuntungan negara bisa berkali-kali lipat dibanding kita ekspor bahan mentah ke luar,” lanjutnya.

“Jadi jangan sampai ada negara yang berani memaksa kita untuk ekspor ke mereka. Karena ini kan barang-barang kita sendiri, kekayaan alam kita sendiri masa enggak boleh kita olah sendiri di negara kita,” tegas Jokowi.

Jokowi mengatakan, Indonesia tidak pernah menutup diri terhadap minat investor yang ingin menanamkan modalnya ke Indonesia.

“Kita enggak pernah menutup diri kok untuk pihak yang ingin berinvestasi di Indonesia. Silakan kalau mau berinvestasi di Indonesia, buka pabrik di Indonesia, buka industri di Indonesia sehingga terbuka lapangan pekerjaan sebesar-besarnya demi kemakmuran bangsa kita,” kata Jokowi.

“Kita hanya ingin bahwa apa yang kita ekspor keluar itu adalah barang jadi atau barang setengah jadi yang punya nilai lebih besar ketimbang kita hanya mengekspor barang mentah yang harganya kecil. Gimana masyarakat kita mau maju kalau sumber daya alam yang kita miliki di kirim keluar untuk memperkaya bangsa lain,” tambahnya.

Jokowi menambahkan, kebijakan hilirisasi ini sangat penting dilakukan untuk bisa membuat Indonesia ke depan lebih maju.

“Kalau kita enggak berani menghadapi tekanan itu, kita enggak akan bisa jadi negara yang besar, dan enggak akan punya rakyat yang sejahtera. Maka itu kita harus berani demi kemajuan masyarakat kita,” tandas Jokowi.

Sumber : Beritasatu.com

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only