Bersihkan Ditjen Pajak dari ASN Korup

Gaya hidup mewah yang dipertontonkan para aparatur sipil negara (ASN) Ditjen Pajak Kementerian Keuangan sangat disayangkan. Apa yang mereka lakukan hanya menjatuhkan wibawa institusi pajak, dan menjatuhkan kepercayaan masyarakat terhadap pajak.

Wibawa pajak jatuh karena dengan memamerkan gaya hidup mewah menimbulkan kecurigaan publik mengenai sumber harta kekayaan yang dimiliki para ASN pajak tersebut. Kuat dugaan mereka mendapatkannya dari cara-cara yang tidak pantas dan melanggar hukum. Hal itu ada dasarnya karena selama ini banyak ASN pajak yang sudah meringkuk di penjara karena terjerat kasus korupsi.

Fenomena ini juga membuat kepercayaan masyarakat terhadap institusi pajak menjadi semakin tergerus. Rakyat tidak lagi percaya dengan Ditjen Pajak yang dipenuhi para pegawai bermental korup.

Ironisnya, harta yang dapat dari korupsi itu lalu dipamerkan di media sosial, seperti Instagram. Sungguh aksi yang sangat tidak patut untuk dilakukan. Wahai para ASN Pajak bersikaplah rendah hati dan jangan korupsi, jangan pamer kekuasaan, jangat pamer kekayaan, apalagi sampai dipajang-pajang di Instagram.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) harus bisa menjadikan kasus ini sebagai momentum untuk berbenah. Instruksikan seluruh instansi untu bersih-bersih dari oknum bermental korup. Libatkan aparat hukum jika terbukti ada oknum yang melakuka pidana korupsi.

Intinya, reformasi birokrasi harus terus dilakukan. Dengan reformasi irokrasi diharapkan pelayanan semakin baik, dan bersih dari budaya korupsi.

Sumber : Harian Kontan Jumat 03 Maret 2023 hal 15

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only