Jokowi Tawarkan IKN ke Bos-bos Singapura: Bisa Bebas Pajak!

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menawarkan proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara kepada investor saat menjadi pembicara dalam Ecosperity Week 2023 yang diadakan Temasek Foundation di the Sands Expo & Convention Centre, Singapura, Rabu (7/6/2023)

Kini proyek IKN telah dimulai melalui pembangunan infrastruktur dasar dan pusat pemerintahan. Selanjutnya ada 300 paket investasi untuk swasta dengan total US$ 2,6 miliar (Rp 38,6 triliun) dalam berbagai bidang, perumahan, transportasi, energi, teknologi, dan lainnya,

Jokowi juga memastikan ketersediaan insentif, salah satunya tax holiday. Di mana investor tidak perlu membayar pajak kepada negara dalam kurun waktu tertentu.

“Tentang insentif, mudah. Mudah lah. Saya juga sebelumnya pebisnis. Jangan khawatir kami telah menyiapkan insentif fiskal, seperti tax holiday, insentif PPN, super deduction tax, bea impor,” kata Jokowi.

IKN, kata Jokowi akan menjadi kota pintar yang dikelilingi alam. Sebanyak 65% dari area IKN adalah hutan, namun tetap memiliki pusat pendidikan dan kesehatan berkelas dunia.

“Kami telah melakukan segalanya, khususnya terkait energi hijau dan industri hijau, kami akan memfasilitasinya sebaik yang kami mampu. Karena kami percaya kesuksesan ekonomi dan keberlanjutan harus dikerjakan bersama-sama,” ujarnya.

Jokowi juga memastikan investasi di Indonesia aman, sekalipun nanti akan berganti Presiden. “Secara serius, teman kami di Singapura tahu kami dengan baik. Siapapun yang akan memimpin Indonesia akan fokus membuat negara yang besar ini menjadi powerhouse dan raksasa Asia,” jelasnya.

“Jadi, semua akan baik-baik saja. Tidak perlu khawatir, investasi di Indonesia akan terus aman,” tegas Jokowi.

Sumber : cnbcindonesiaa.com

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only