Lupa Password File Pdf pada EFIN yang Dikirim DJP, Harus Bagaimana?

JAKARTA. Permohonan EFIN bagi wajib pajak orang pribadi bisa dilakukan melalui saluran email Ditjen Pajak (DJP). DJP akan mengirimkan EFIN melalui alamat efin.pajak@pajak.go.id dengan melampirkan file berformat pdf terproteksi.

Untuk membuka file tersebut, DJP telah menyertakan instruksi yang berisi password file pdf. Namun, ada kalanya wajib pajak lupa mengunduh file pdf tersebut atau menghapus badan email secara keseluruhan sehingga password file pdf tidak diketahui lagi. Jika hal itu terjadi, apa yang harus dilakukan?

Password sesuai dengan yang dijelaskan petugas dan dicontohkan pada badan email. Jika lupa penjelasan password atau email terhapus, silakan mengajukan permohonan lupa EFIN kembali,” cuit contact center DJP saat menjawab pertanyaan netizen, Jumat (1/3/2024).

Untuk mengajukan permohonan layanan lupa EFIN melalui email lupa.efin@pajak.go.id, wajib pajak perlu melampirkan sejumlah data. Di antaranya, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), nama wajib pajak, alamat terdaftar, alamat email, dan nomor telepon/HP.

Selain itu, pemohon juga harus menuliskan pernyataan afirmasi yang berbunyi:

“Saya menyatakan bahwa saya adalah Wajib Pajak yang memiliki hak untuk mengakses informasi yang diminta. Saya bersedia menanggung akibat hukum sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku, apabila di kemudian hari saya terbukti bukan pihak yang memiliki hak.”

Format permohonan layanan lupa EFIN serta kutipan pernyataan tersebut ditulis pada badan email. Tidak terdapat ketentuan khusus terkait dengan subjek email. Namun, untuk memperjelas, wajib pajak dapat menuliskan “Permohonan Lupa EFIN” sebagai subjek email.

Lalu, kirimkan format permohonan layanan lupa EFIN dan kutipan pernyataan tersebut ke email lupa.efin@pajak.go.id. Pastikan email permohonan tersebut dikirim pada jam layanan Contact Center Kring Pajak, yaitu pukul 08:00-16:00 WIB.

Setelah divalidasi, permohonan lupa EFIN akan direspons petugas DJP dengan email berisi file pdf terproteksi. Dalam badan email, petugas menyertakan penjelasan tentang password file pdf dan contohnya.

DJP juga mengingatkan agar wajib pajak tidak salah input password. Jangan malah memasukkan contoh password sebagai password file pdf.

Wajib pajak perlu memastikan memasukkan password sesuai dengan instruksi yang sudah dituliskan pada email balasan. Apabila PDF berhasil dibuka, wajib pajak akan melihat data EFIN.

Data EFIN tersebut juga bisa diunduh. Apabila sudah diunduh, simpan baik-baik data EFIN. EFIN merupakan data yang sangat rahasia, sehingga tidak diperkenankan memberitahukannya kepada siapapun juga.

Sumber : ddtc.co.id

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only