Mendorong Penerapan Pajak Internasional

Para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral (Finance Ministers and Central Bank Governors/ FMCBG) di bawah Presidensi G20 Brasil berkomitmen mendorong implementasi Dua Pilar Perpajakan Internasional (Two-Pillar Solution).

Kesepakatan tersebut diambil saat pertemuan FMCBG di Brasil, pada 28-29 Februari 2024. “Dorongan ini utamanya untuk penandatanganan Konvensi Multilateral Pilar 1 pada akhir Juni 2024,” terang Kementerian Keuangan (Kemkeu) dalam keterangan tertulis belum lama ini.

Dari laporan Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD), penyelesaian dan penandatanganan Konvensi Multilateral (Multilateral Convention/ MLC) Pilar 1 yang awalnya ditargetkan akhir tahun 2023 mundur ke akhir Maret 2024 untuk pembahasan dan pada akhir Juni 2024 untuk penandatanganan. Ini lantaran ada negara yang telah melakukan ukan langkah unilateral dalam menerapkan digital service tax (DST) yang dianggap mencederai konsensus global.

Adapun di sela-sela pertemuan FMCBG, Menteri Keuangan Sri Mulyani juga sempat menemui Sekretaris Jenderal OECD Mathias Cormann. Dalam pertemuan itu, Sri Mulya- ni turut menyampaikan masukan terkait Pillar 1 dan Pilar 2 sehingga dapat mengakomodasi kerja sama yang lebih efektif dalam penerapan Two-Pillar Solution.

Sumber : Harian Kontan, Selasa 5 Maret 2024, Hal.2

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only