Tak Tanggapi SP2DK, Satu per Satu WP di Daerah Didatangi Petugas Pajak

KUTACANE, KP2KP Kutacane melakukan kunjungan kerja ke tempat wajib pajak di wilayah Kabupaten Aceh Tenggara guna mengedukasi perihal Surat Permintaan Penjelasan atas Data dan/atau Keterangan (SP2DK) pada 27 Februari 2024.

Petugas pajak dari KP2KP Kutacane Aji Permana mengatakan kunjungan tersebut merupakan upaya jemput bola kepada wajib pajak yang masuk dalam daftar kunjungan untuk dilakukan klarifikasi dan konfirmasi kebenaran data perpajakan.

“Kami mendatangi beberapa wajib pajak dalam rangka edukasi dan klarifikasi data SP2DK. Mulai dari toko elektronik, distributor produk, hingga wajib pajak profesi. Semuanya berjalan dengan lancar,” katanya dikutip dari situs web DJP, Senin (1/4/2024).

Sementara itu, Kepala KP2KP Kutacane Qomarudin Alfatah menyampaikan kunjungan tersebut penting untuk meningkatkan pemahaman pajak sekaligus juga untuk konfirmasi/klarifikasi atas data SP2DK yang belum direspon oleh wajib pajak.

Dia menjelaskan salah satu tujuan dari kunjungan (visit) perihal SP2DK adalah untuk memberikan kesempatan kepada wajib pajak untuk melaksanakan self-assesment berupa penelaahan dan klarifikasi atas kewajiban perpajakannya.

Dalam pelaksanaan tugas kunjungan tersebut, petugas juga menyampaikan sejumlah informasi terkait dengan ketentuan perpajakan.

“Kami berharap wajib pajak makin memahami ketentuan perpajakan sesuai dengan pekerjaan dan bisnis mereka masing-masing, dan tentunya juga semakin patuh dalam pelaporan dan pembayaran,” tuturnya.

Merujuk pada SE-05/PJ/2022, kunjungan adalah kegiatan yang dilakukan oleh pegawai DJP yang ditugaskan untuk mendatangi tempat tinggal, tempat kedudukan, tempat kegiatan usaha dan/atau pekerjaan bebas wajib pajak, dan/atau tempat lain yang dianggap perlu dan memiliki kaitan dengan wajib pajak.

Sumber : ddtc.co.id


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only