Permohonan NSFP Tidak Bakal Diproses Jika Belum Lapor SPT Masa PPN

Kring Pajak mengingatkan nomor seri faktur pajak hanya dapat diberikan kepada pengusaha kena pajak (PKP) sepanjang memenuhi persyaratan. Salah satunya ialah PKP telah melaporkan SPT Masa PPN untuk 3 masa pajak terakhir yang telah jatuh tempo.

Penjelasan dari contact center DJP tersebut merespons pertanyaan dari warganet di media sosial yang tengah menghadapi kendala saat mengajukan permohonan nomor seri faktur pajak (NSFP) secara online.

“Salah satu syarat pemberian NSFP adalah telah melaporkan SPT Masa PPN untuk 3 Masa Pajak terakhir yang telah jatuh tempo. Silakan laporkan SPT Masa PPN Februari 2024-nya terlebih dahulu,” sebut Kring Pajak di media sosial, Kamis (4/4/2024).

Selain persyaratan pelaporan SPT Masa PPN, terdapat kriteria lainnya yang harus dipenuhi PKP untuk mendapatkan NSFP, yaitu memiliki kode aktivasi dan password akun PKP, serta telah memiliki akun PKP yang telah diaktivasi.

Lebih lanjut, jumlah NSFP untuk PKP yang baru dikukuhkan pada bulan diajukannya permintaan NSFP atau PKP yang belum pernah membuat dan melaporkan faktur pajak dalam SPT Masa PPN, yaitu sejumlah yang diminta paling banyak 75 NSFP.

Sementara itu, bagi PKP yang sebelumnya telah membuat dan melaporkan faktur pajak dalam SPT Masa PPN, terdapat 2 ketentuan yang perlu diperhatikan sebagaimana diatur dalam PER-3/PJ/2022 s.t.d.d PER-11/PJ/2022.

Pertama, dalam hal jumlah faktur pajak pada 3 masa pajak sebelumnya sama dengan atau kurang dari 75 faktur pajak, yaitu sejumlah yang diminta paling banyak 75 NSFP.

Kedua, dalam hal jumlah faktur pajak pada 3 masa pajak sebelumnya lebih dari 75 faktur pajak, yaitu sejumlah yang diminta paling banyak 120% dari jumlah faktur pajak yang dibuat pada 3 masa pajak sebelumnya yang telah dilaporkan dalam SPT Masa PPN

Sumber : DDTC

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only