13,4 Juta Wajib Pajak Telah Lapor SPT Tahunan hingga 17 April 2024

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat, sudah ada 13,47 juta Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) yang dilayangkan oleh Wajib Pajak (WP) sampai dengan 17 April 2024.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat DJP Kemenkeu Dwi Astuti mengatakan bahwa jumlah pelaporan pada periode tersebut tumbuh 5,37% jika dibandingkan dengan tahun lalu.

“Sampai dengan tanggal 17 April 2024, terdapat sebanyak 13,4 juta SPT Tahunan PPh yang telah disampaikan oleh WP atau tumbuh 5,37% yoy (year on year),” kata Dwi kepada Kontan, Kamis (18/4).

Dwi merinci, jumlah SPT tersebut terdiri atas 444.400 SPT Tahunan PPh Badan dan 12,96 juta SPT Tahunan PPh Orang Pribadi.

Sementara itu, Dwi menerangkan pada tahun ini DJP menetapkan target kepatuhan formal SPT Tahunan sebesar 83,22% dari total WP wajib SPT.

Ia menjelaskan rasio kepatuhan formal SPT Tahunan dihitung atas penyampaian SPT Tahunan mulai Januari sampai Desember tahun 2024. 

“Untuk itu, melalui berbagai upaya publikasi, edukasi, dan asistensi masif yang dilakukan, DJP optimis target kepatuhan formal ini dapat tercapai,” tutupnya.

Sebagai informasi tambahan, dalam prosesnya, otoritas pajak menetapkan batas waktu penyampaian SPT Tahunan, yakni 31 Maret untuk WP Orang Pribadi dan 30 April untuk WP Badan.

Namun, apabila WP tidak dapat menyampaikan SPT Tahunan sesuai batas waktu yang telah ditetapkan, maka WP tersebut dapat memperpanjang jangka waktu penyampaian SPT Tahunan paling lama dua bulan sejak batas waktu penyampaian SPT Tahunan.

Hal tersebut telah diatur dalam Pasal 13 Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor  243/PMK.03/2014 tentang Surat Pemberitahuan.

Dari aturan  tersebut, jika batas waktu untuk WP OP adalah 31 Maret, maka pelaporan SPT Tahunan bisa diperpanjang hingga akhir Mei. Sementara, jika batas untuk WP Badan 30 April, maka pelaporan SPT Tahunan bisa diperpanjang hingga akhir Juni.

Sumber : nasional.kontan.co.id

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only