Reformasi Sistem Jaminan Sosial, Opsi Kenaikan Pajak Dibuka

LONDON – Partai Buruh mendorong Pemerintah Inggris untuk melakukan reformasi sistem jaminan sosial melalui perubahan kebijakan pajak.

Anggota Partai Buruh Rachel Reeves menyatakan siap membuka dialog dengan Partai Konservatif terkait dengan reformasi sistem jaminan sosial. Menurutnya, reformasi tersebut perlu didanai dari uang publik melalui kenaikan beberapa jenis pajak.

“Kami bersedia untuk berdiskusi mengenai cara kami mendanainya [jaminan sosial], termasuk melihat pajak apa yang mungkin diperlukan untuk membayarnya,” katanya dikutip pada Senin (5/7/2021).

Menkeu bayangan dari oposisi pemerintah itu menyebut ribuan warga Inggris sudah tidak mampu membayar iuran jaminan sosial untuk keperluan perawatan kesehatan. Banyak diantaranya terpaksa menjual rumah untuk menutupi biaya kesehatan.

Dia menyatakan salah satu janji politik Perdana Menteri Boris Johnson pada 2019 adalah memperbaiki krisis sektor jaminan sosial masyarakat. Pemerintah kerap kali menyatakan landasan hukum reformasi jaminan sosial masih digodok tapi perincian rencana tersebut tidak kunjung dirilis kepada publik.

Sementara itu, Menteri Kesehatan Inggris Sajid Javid mengatakan pemerintah akan terbuka perihal rencana reformasi sistem jaminan sosial. Salah satu opsi untuk membiayai jaminan sosial adalah dengan meningkatkan beban beberapa jenis pajak.

Oleh karena itu, agenda reformasi sistem jaminan kesehatan memerlukan konsensus politik antara Partai Konservatif dan Partai Buruh. Hal tersebut menjadi arahan PM Johnson untuk melakukan pembicaraan lintas partai.

“Terbuka kemungkinan untuk menaikkan pajak sebagai cara membayar reformasi perawatan sosial yang utama,” imbuhnya seperti dilansir mirror.co.uk.

Sumber : DDTCNews

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only