Bocoran dari Pengembang, Diskon PPN 100% Sampai Akhir Tahun!

Jakarta – Sektor properti mengalami geliat setelah pemerintah memberikan relaksasi Pajak Pertambahan Nilai (PPN) untuk rumah anyar dari Maret hingga Agustus 2021. Skemanya PPN rumah baru hingga harga Rp 2 miliar ditanggung 100% oleh pemerintah. Kabar terbaru dari pengembang, bakal ada perpanjangan sampai akhir tahun ini.

“Katanya mau diperpanjang sampai Desember nah kita tunggu PMK-nya (Peraturan Menteri Keuangan),” kata Ketua Umum Realestat Indonesia (REI) Totok Lusida kepada CNBC Indonesia, Jumat (9/7/21).

Sejak kebijakan ini berlaku, angka penjualan rumah baru naik signifikan. Artinya, daya beli masyarakat menengah tetap ada di tengah pandemi. Apalagi, kebutuhan rumah makin kuat dengan adanya sistem bekerja dari rumah (WFH). Namun, dalam 1,5 bulan terakhir stok rumah kian menipis sehingga permintaan tidak banyak yang tertampung.

“Maret, April, Mei kita naik penjualan secara average total 15% dibanding 3 bulan sebelumnya Desember, Januari, Februari. Dampaknya sangat berpengaruh, tapi setelah itu Juni, Juli sepi karena realisasi Agustus rumah stoknya sudah abis kita,” sebut Totok.

Tingginya minat membeli rumah juga diamini oleh broker properti di lapangan. Broker Ray White Galih Purnama masyarakat dimanjakan dengan diskon 100% Pajak Pertambahan Nilai (PPN) untuk rumah di bawah Rp 2 miliar dan diskon 50% untuk rumah yang memiliki banderol Rp 2 hingga Rp 5 miliar.

“Diskon PPN sangat membantu, beberapa klien saya cukup terbantu, misal contoh gampangnya aja rumah Rp 1 miliar 10%nya Rp 100 juta, itu bisa buat yang lain kan,” jelasnya.

Adapun Kebijakan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 21/PMK.010/2021 tentang Pajak Pertambahan Nilai atas Penyerahan Rumah Tapak dan Unit Hunian Rumah Susun yang Ditanggung Pemerintah Tahun Anggaran 2021.

Sumber : CNBC Indonesia

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only