Baru Awal Mei, Kota Ini Sudah Kantongi Penerimaan Pajak Rp150 Miliar

Realisasi penerimaan pajak daerah Kota Denpasar, Bali hingga 9 Mei 2022 mencapai Rp150,1 miliar. Jumlah tersebut mewakili 26,7% dari target pajak daerah tahun ini senilai Rp552,2 miliar.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Denpasar IGN Eddy Mulya mengatakan realisasi penerimaan pajak tersebut berasal dari 9 jenis pajak daerah. Jenis pajak daerah itu mulai dari pajak hotel, restoran, penerangan jalan (PPJ), hiburan, hingga parkir.

“Realisasi pajak ini terdiri atas 9 objek pajak mulai dari pajak hotel, restoran, hingga parkir,” Jelas Eddy saat rapat dengan Komisi I dan Komisi II DPRD Kota Denpasar, dikutip pada Jumat (13/5/2022).

Lebih lanjut, Eddy memerinci besaran penerimaan yang diperoleh dari setiap jenis pajak daerah. Untuk pajak hotel, ujar Eddy, sudah terealisasi senilai Rp8,8 miliar. Lalu, realisasi pajak restoran mencapai Rp37,5 miliar.

Selanjutnya, pajak hiburan terealisasi Rp3,8 miliar lebih. Kemudian, pajak reklame terealisasi Rp564 juta. Sementara PPJ terealisasi senilai Rp23 miliar dan pajak air tanah terealisasi Rp2 miliar lebih. Lalu, pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan (PBB-P2) terealisasi Rp16,2 miliar lebih.

Sementara itu, untuk Bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB) terealisasi senilai Rp 55 miliar lebih. Terakhir, pajak parkir realisasinya mencapai Rp2,1 miliar lebih. Berdasarkan perincian tersebut, BPHTB menjadi sektor penyumbang penerimaan pajak terbesar di Kota Denpasar.

Eddy menambahkan tingkat kepatuhan pelaporan dari wajib pajak pada triwulan I tahun 2022 ini mencapai 86%. Eddy mengaku Bapenda Kota Denpasar terus berupaya mengoptimalisasikan penerimaan pajak daerah.

Dia menjelaskan salah satu langkah yang ditempuh adalah mengintegrasikan 9 aplikasi pembayaran pajak menjadi 1 aplikasi, yakni Pajak Digital Kota Denpasar (Pagi Denpasar). Eddy menyebut aplikasi itu kini tengah dalam tahap pengembangan agar dapat digunakan di luar sistem operasi android.

“Kami masih proses pengembangan, sehingga secepatnya bisa digunakan di IOS. Selain itu, kami juga terus lakukan sosialisasi terkait penggunaan aplikasi ini,” katanya, seperti dilansir balipost.com

Sumber: news.ddtc.co.id

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only