Jokowi: Sangat Bodoh Jika APBN Dibelanjakan Produk Impor

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengingatkan terkait belanja produk dalam negeri. Dia menegaskan, belanja produk dalam negeri melalui APBN maupun APBD harus betul-betul dilakukan.

“Produk dalam negeri ini betul-betul kita taati bersama sehingga belanja pemerintah, BUMN, pemda semua menuju kepada pembelian produk produk dalam negeri,” kata Jokowi di Bank Indonesia, Jakarta, Senin (29/1).

taboola mid article

Kepala negara berujar, sangat bodoh jika uang masyarakat yang dipungut pemerintah melalui pajak malah dibelanjakan barang impor. “Jangan sampai saya sudah pesan betul, sangat lucu sekali, sangat bodoh sekali kalau uang yang dikumpulkan pemerintah baik dari pajak, PNBP, masuk jadi APBN dan APBD kemudian belanjanya produk impor,” ujarnya.

Jokowi sudah berpesan kepada Lembaga Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa (LKPP) untuk menargetkan pembelian produk dalam negeri yang berasal dari UMKM sebesar ratusan triliun. “Ini yang terus kepala LKPP saya sampaikan berkali kali agar sistem yang mengawal ini segara bisa selesai dan daerah semua membeli produk dalam negeri. Kemarin yang sudah komitmen itu lebih dari Rp800 triliun,” ucapnya.

“Realisasi sudah lebih dari Rp400 triliun. Sudah lebih dari target tapi kalo bisa masuk Rp800 triliun dan betul betul produknya itu dalam negeri apalagi produk umkm, pergerakan ekonomi di bawah akan kelihatan,” tandas Jokowi.

Sumber: merdeka.com

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only