TAM Optimistis Soal Potensi Pasar Mobil Hybrid di Indonesia

PT Toyota Astra Motor (TAM) menyebutkan jika harga pajak mobil hybrid bisa lebih rendah dibandingkan dengan mobil konvensional adalah karena berdasarkan emisi karbon yang dikeluarkan.

Marketing Director TAM, Anton Jimmy Suwandy menuturkan mobil elektrifikasi kemungkinan menerima pajak rendah karena emisi yang dikeluarkan lebih rendah.

“Untuk pajak, yang pasti semua sekarang berdasarkan emisi karbon ya. Jadi tentu BEV bisa lebih kecil pajaknya karena emisinya lebih rendah. Tapi mobil hybrid EV pun secara pajak karena emisi lebih rendah dari mobil konvensional bisa lebih kecil,” jelas Anton kepada Kontan, Selasa (2/11).

Ia melanjutkan, sebagai salah satu pelopor yang menjual mobil hybrid di Indonesia sejak 2009, saat ini pihaknya telah memiliki berbagai macam model, yakni SUV, Hatch Back, dan juga Sedan.

Tak hanya itu, di segmen premium seperti Lexus, TAM juga sudah memiliki model Plug In Hybrid EV dan BEV. Semuanya memiliki kesamaan dalam pemakaian baterai.

“Alasan kami memproduksi hybrid dalam beragam model adalah untuk bisa menyediakan apa yang dibutuhkan dan mengakomodir kebutuhan setiap orang. Jadi variatif ya, dari masing-masing segmen,” sambungnya.

Anton mengatakan, kesamaannya adalah semua teknologi tadi diharapkan menjadi pilihan mobilitas yang sesuai dan memberikan kontribusi ke penurunan emisi karbon.

Untuk harga yang dipatok juga bervariasi. TAM mematok harga mulai di kisaran Rp 500 juta untuk hybrid EV hingga Rp1 miliar untuk Lexus. Ia memberikan tambahan, untuk Lexus UX300e pihaknya kenakan harga Rp 1,4 miliar per unit.

Berbicara mengenai potensi permintaan mobil hybrid di Indonesia, TAM sangat optimistis akan berkembang positif.

“Menurut kami berkembang positif ya, kami dulu mulai berjualan hybrid rata-tata 1 unit per bulan di 2009. Tahun lalu penjualan mobil elektrifikasi kami bahkan sudah mendekati 2.000 unit setahun, di mana sebagian besar adalah hybrid EV. Kami perkirakan tahun ini juga akan bisa lebih besar lagi, di mana salah satunya tentu datang dari marketnya yang semakin besar,” ujarnya.

Sumber: industri.kontan.co.id

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only