PNBP Sektor Minerba Melampaui Target

PENERIMAAN Negara Bukan Pajak (PNBP) dari subsektor mineral dan batu bara (minerba) melampaui target. Hingga akhir Desember 2018, PNBP sector minerba mencapai Rp 46,6 triliun, atau 146% dari target sepanjang tahun ini sebesar Rp 32,1 triliun.

Direktur Penerimaan Minerba Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jhonson Pakpahan, menjelaskan ada beberap faktor yang menyebabkan PNBPminerba melampaui target. Misalnya, faktor produksi dan peningkatan hargakomoditas. Kemdian, tingkat kepatuhan perusahaan semakin tinggi seiring metodepengawasan dan penerimaan yang lebih efektif, terutama setelah peluncuranaplikasi Mineral Online Monitoring System (MOMS) dan e-PNBP.

“Selalu faktornya adalah harga, kualiatas, produksi dan kepatuhan perusahaan yang sudah semangkin baik. Pengawasan dari kami pun sudah semakin efektif. Kami tidak melayani perusahaan yang tidak membayar,” ungkap dia. Johnson mengatakan, realisasi PNBP minerba hingga akhir tahun ini ditaksir bisa menembus angka Rp 47 triliun hingga Rp 48 triliun.

Sumber : Harian Kontan

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only