Aturan Kendaraan Listrik Siap Terbit

Jakarta. Lama menjadi tarik ulut antar instansi maupun pelaku industri, payung hukum mobil listrik segera terbit. Pemerintah menjanjikan segera merilis peraturan pemerintah (PP) dan peraturan presiden (perpres) tentang kendaraan bermotor listrik.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan, rancangan aturan nyaris tuntas dan tidak ada ganjalan lagi. “Sekarang tidak lagi bicara bentuk. Kami mengelompokkan kendaraan menjadi tiga, yakni dibawah 3.000 cc, diatas 4.000 cc,” ungkap Sri Mulyani, kemarin.

Demi memutuskan pengembangan kendaraan listrik di Tanah Air, pemerintah juga akan merevisi aturan pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM). Ada pula insentif fiskal untuk kendaraan bermotor listrik dengan baterai. Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menjelaskan produsen manufaktur otomotif bisa memulai produksi kendaraan listrik pada tahun 2022 . “Insentif PPnBM sudah konsultasi dengan DPR dan akan dirampungkan dalam waktu dekan,” ungkap dia pada KONTAN, kemarin.

Perpers mobil listrik digadang bisa mempercepat program listrik untuk transportasi. Adapun PP mengatur pajak, klasifikasi da emisi kendaraan.

Berdasarkan draf Perpres Kendaraan Listrik yang diperoleh KONTAN, ada sejumlah poin krusial tertuang di calon aturan ini. Yang paling disorot antara lain bleid tingkat dukungan dalam negeri (TKDN), dan insentif pengembangan kendaraan listrik (lihat tabel). Ihwal persentase TKDN, misalnya, dinilai ketinggian. Komisaris PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR), Booby Gafur Umar menyatakan, ketentuan TKDN yang tinggi justru menyulitkan program kendaraan listrik. Bukan hanya pemain baru, pemain lama pun bisa mandek. Padahal, “Mendatangkan investasi besar di awal itu sulit,” kata dia.

Sebagai catatan, anak usaha BNBR, PT Bakrie Autoparts, menggandeng produsen mobil listrik asal China, BYD Auto untuk mengembangkan kendaraan listrik di Indonesia.

Presiden Direktur PT Astra Internasional Tbk (ASII) Prijono Sugiarto berpendapat, proyek mobil listrik idealnya dilakukan bertahap. Saat ini yang paling mungkin adalah kendaraan hybrid, lalu plug-in hybrid, dan selanjutnya pengembangan mobil listrik. “Sekarang produk berbasis listrik masih mahal,” kata dia.

Industri otomotif lokal juga harus siap bergeser ke teknologi berbasis elektrik. Bagamana dengan Astra? “Kami tentu siap,” tandas Prijoo.

Jongkie Sugiarto, Ketua I Gaikindo menilai, tahap awal sulit jika harus memulai dengan konten lokal. “CBU dulu. Kalau laku, tentu prinsipal bisa merencanakan produksi (lokal),” ungkap dia.

Meski begitu, industri merespon positif regulasi mobil listrik ini. “Kita akan tunggu terbit,” kata Jongkie.

Sumber : Harian Kontan

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only