Anggaran Kesehatan Program PEN Baru Terealisasi Rp 7,36 Triliun

Pemerintah dalam hal ini Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyampaikan, serapan anggaran pemulihan ekonomi nasional (PEN) sektor kesehatan hingga 19 Agustus tercatat Rp 7,36 triliun. Capaian ini setara 13,98 persen dari total pagu yang dianggarkan.

“Bidang kesehatan sekarang sudah terealisasi Rp 7,36 triliun,” kata Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati melalui konferensi pers virtual, Selasa (25/8).

Sri Mulyani merincikan, insentif kesehatan pusat dan daerah sebesar Rp 1,86 triliun, santunan kematian 69 tenaga kesehatan (nakes) yang meninggal sebesar Rp 21,6 miliar. Kemudian anggaran untuk gugus tugas Covid-19 yang telah disalurkan sebesar Rp 3,22 triliun, dan insentif bea masuk (BM) dan pajak pertambahan nilai (PPN) kesehatan sebesar Rp 2,26 triliun.

Berdasarkan data Kemenkeu, serapan anggaran kesehatan dalam program PEN mulai mengalami percepatan. Sejak semester I yang sebesar Rp 4,96 triliun, kemudian Juli menjadi Rp 7,07 triliun. Posisi terakhir 19 Agustus menjadi Rp 7,36 triliun, atau meningkat 23,4 persen.

Sehingga, dalam program PEN secara keseluruhan, kata dia, pihaknya melakukan koordinasi dengan menteri koordinator (menko) dan menteri terkait guna mempercepat realisasi penyerapan anggaran PEN. “Kalau ada program yang memang belum jalan akan diredesain sehingga bisa dilaksanakan secara lebih baik,” pungkasnya.

Sumber : JawaPos.com

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only