Ternyata Begini Cara Selebriti Hemat Pajak

Para pesohor Negeri Ratu Elizabeth memiliki cara legal untuk menghemat pembayaran pajak ke kas negara dengan tidak menggunakan rezim pajak penghasilan (PPh) orang pribadi.

Anggota parlemen Inggris Mel Stride mengatakan ada peningkatan jumlah selebriti atau tokoh publik lainnya yang menggunakan skema PPh badan dalam menyalurkan penghasilan.

Menurutnya, para selebriti tersebut mendirikan perusahaan di mana hanya ada satu direktur dan pemegang saham tunggal atas nama mereka sendiri untuk menyalurkan pendapatan.

“Ini merupakan masalah yang mengikis basis pajak dan telah terjadi peningkatan pesat jumlah individu yang beroperasi sendiri melalui perusahaan dibandingkan jumlah orang yang beroperasi melalui perusahaan dan mempekerjakan orang lain,” katanya dikutip Jumat (28/8/2020).

Deretan pesohor Inggris yang memanfaatkan skema ini antara lain duo pembawa acara I`m a Celeb Anthony McPartlin dan Declan Donnelly. Pendapatan dari acara TV mereka alirkan melalui dua perusahaan terbatas yang memiliki aset mencapai £48 juta.

Mereka hanya membayar tarif PPh badan sebesar 19% dan menghemat banyak uang pajak jika melaksanakan kewajiban perpajakan melalui PPh OP yang dikenakan tarif 45% untuk kelompok penghasilan tertinggi.

Selebriti lain yang melakukan hal serupa ada penyanyi Sam Smith yang memiliki kendali atas kas senilai £7,1 juta di perusahaan Sam Smith World Limited. Berikutnya, mantan manajer Arsenal, Arsene Wenger yang memiliki uang kas senilai £6,8 juta di LAA Promotions Limited.

Selanjutnya, mantan bintang Arsenal dan Barcelona Thierry Henry yang memiliki kendali penuh atas uang tunai senilai £665.000 di perusahaan miliknya Cluemere Limited.

Kemudian, komedian Katherine Ryan yang menerima gaji sebesar £10.000 sebagai direktur dari perusahaannya Kathburm Limited yang tahun lalu membagikan dividen senilai £1,75 juta.

Seperti dilansir mirror.co.uk, banyak pakar pajak Inggris menyatakan fenomena perusahaan satu orang para selebritis merupakan bentuk perencanaan pajak yang legal.

Para selebriti tersebut menggunakan rezim PPh badan agar mendapatkan kesempatan jika pemerintah memberikan insentif berupa pemangkasan tarif yang banyak menyasar korporasi ketimbang orang pribadi.

Meskipun tidak ada insentif dari pemerintah untuk WP badan, para selebriti Inggris tersebut masih bisa memanfaatkan pajak dividen yang masih memiliki tarif yang lebih rendah ketimbang OP untuk kategori penghasilan tinggi.

Selebriti Inggris yang menggunakan skema ini dapat menarik dividen dalam jumlah kecil agar masuk dalam kelompok tarif pajak (tax bracket) yang lebih rendah. (Bsi)

Sumber : ddtc.co.id

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only