Soal Pajak Digital, Ini Seruan Wakil Presiden Komisi Eropa

 Komisi Eropa menyerukan pemajakan ekonomi digital melalui kerangka kerja yang disepakati bersama seluruh negara dalam kawasan.

Wakil Presiden Komisi Eropa Valdis Dombrovskis menyerukan penerapan pajak digital di seluruh negara anggota. Menurutnya, tantangan pemajakan ekonomi digital harus dilakukan melalui cara yang tepat, yakni memberlakukannya untuk seluruh negara anggota Uni Eropa (UE).

“UE perlu mengenakan pajak kepada perusahaan yang menghasilkan pendapatan melalui layanan digital,” katanya, dikutip pada Selasa (1/9/2020).

Valdis menuturkan hasil penerimaan pajak digital akan sangat berguna untuk mendanai belanja pemerintah. Dia menyebutkan hasil setoran pajak digital mampu meningkatkan kapasitas fiskal untuk pembangunan infrastruktur dan pembiayaan program sosial.

Selain itu, arah kebijakan pajak digital UE juga idealnya dicapai melalui kesepakatan internasional. Menurutnya, kesepakatan internasional diperlukan karena proses bisnis pelaku usaha ekonomi digital dilakukan lintas yurisdiksi.

“Kita perlu mengatasi perpajakan digital dan lebih baik solusi dilakukan secara internasional karena bisnis mereka dilakukan secara global,” paparnya.

Valdis menegaskan derajat tantangan pemajakan entitas bisnis digital semakin meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Pasalnya, semakin banyak pelaku bisnis yang mengalihkan proses bisnisnya dari model konvensional menjadi digital. Hal ini kemudian menciptakan variasi dalam model bisnis ekonomi digital dan menambah berat tantangan untuk kebijakan perpajakan yang adil.

“Semakin banyaknya ekonomi digital maka tugas pemerintah untuk mengamankan penerimaan pajak juga mendapatkan tantangan yang lebih besar,” imbuhnya, dilansir The Irish Times. (kaw)

Sumber : ddtc.co.id

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only