Cara Mengajukan Permohonan Diskon Angsuran PPh Pasal 25 di DJP Online

UNTUK meringankan beban pelaku usaha dalam menghadapi tekanan ekonomi akibat pandemi virus Corona, pemerintah menambah diskon angsuran pajak penghasilan (PPh) Pasal 25 dari 30% menjadi 50%.

Keputusan tersebut mendapatkan respons positif dari pelaku usaha. Insentif ini juga terbilang laku ketimbang insentif pajak lainnya. Hingga 19 Agustus 2020, realisasi insentif PPh Pasal 25 mencapai Rp6,03 triliun atau 42% dari alokasi anggaran.

Sama seperti stimulus pajak yang lain, prosedur untuk mendapatkan stimulus pajak tersebut sangat sederhana. Wajib pajak hanya perlu menyampaikan pemberitahuan secara online melalui DJP Online.

Nah, DDTCNews kali ini akan menjelaskan cara mengajukan permohonan diskon angsuran PPh Pasal 25. Mula-mula, akses DJP Online. Masukkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), password dan kode keamanan. Lalu klik Login.

Di dashboard DJP Online, pilih menu Layanan. Setelah itu, pilih Konfirmasi Status Wajib Pajak (KSWP). Namun, apabila fitur KSWP tidak ditemukan. Silakan masuk ke menu Profil dan aktifkan fitur KSWP terlebih dahulu.

Setelah memilih fitur KSWP, Anda akan diarahkan untuk memilih keperluan. Silakan pilih fasilitas pengurang PPh Pasal 25 (PMK 44/2020). Setelah itu, isikan kode keamanan lalu klik Submit.

Kemudian, Anda akan melihat tiga kriteria wajib pajak yang dapat mengajukan fasilitas diskon angsuran PPh Pasal 25 antara lain telah ditetapkan sebagai perusahaan kemudahan impor untuk tujuan ekspor (KITE), memiliki klasifikasi lapangan usaha (KLU) sesuai dengan PMK 44/2020.

Lalu, telah mendapatkan izin penyelenggaraan kawasan berikat, izin pengusaha dalam kawasan berikat (PDKB). Bila Anda masuk dalam salah satu kriteria tersebut, status Anda akan tertulis Terpenuhi.

Setelah itu, silakan klik Simpan Permohonan. Nanti, Anda akan mendapatkan notifikasi dari DJP jika permohonan Anda sudah tersimpan dalam sistem dan Anda diwajibkan untuk menyampaikan laporan realisasi. Setelah itu, klik Ya.

Jika tidak ada persoalan, Anda akan mendapatkan notifikasi kembali dari DJP berupa surat permohonan fasilitas diskon angsuran PPh Pasal 25 Anda sudah disetujui. Selesai. Semoga bermanfaat. (Bsi)

Sumber : ddtc.co.id

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only