Pajak Layanan Digital Berlaku, Facebook Masih Pakai Tarif Lama

Tak seperti perusahaan teknologi multinasional lainnya, Facebook Inc. belum akan menaikkan tarif layanan digital seiring dengan diterapkannya pajak layanan digital (digital services tax/DST) di Inggris.

Jubir Facebook menyatakan korporasi belum berniat untuk mengalihkan beban pajak layanan digital kepada pelanggan di Inggris. Perusahaan digital multinasional asal AS saat ini masih mengkalkulasi penerapan DST kepada kegiatan bisnis.

“Kami terus menilai dampak undang-undang Inggris,” katanya dikutip Selasa (8/9/2020).

Untuk sementara waktu, biaya pelanggan bisnis periklanan Facebook di Inggris belum akan melihat perubahan tarif. Namun, tak menutup kemungkinan penyesuaian harga dilakukan Facebook seperti yang sudah dilakukan Google, Apple dan Amazon.

Seperti dilansir Tax Notes International, pajak layanan digital Inggris berlaku atas pendapatan konsolidasi global suatu perusahaan dalam setahun yang sudah melebihi £500 juta atau setara dengan Rp8,1 triliun.

Kemudian, pajak layanan digital tersebut juga berlaku untuk pendapatan yang diperoleh dari pasar domestik Inggris lebih dari £25 juta atau Rp454 miliar. Kebijakan ini diumumkan pada Juli 2020 dan mulai berlaku surut pada 1 April 2020.

Perusahaan teknologi seperti Apple, Google dan Amazon saat ini sudah menyesuaikan tarif. Per 1 September 2020, Google melakukan penyesuaian tarif iklan yang dibeli dari platform Google Ads dan YouTube.

Kemudian, Apple meningkatkan tarif bagi pengembang di App Store sebesar 2%. Hal serupa dilakukan Amazon dengan meningkatkan biaya bagi pelapak dan pihak ketiga asal Inggris yang berjualan di platform e-commerce Amazon.

Pemerintah Inggris menyatakan kebijakan DST hanya bersifat sementara sambil menunggu konsensus global tercapai yang diperkirakan rampung akhir tahun ini. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan konsensus global justru molor hingga tahun depan.

Di sisi lain, penerapan aksi unilateral pajak digital ini juga berpeluang meningkatkan tensi ketegangan perdagangan negara-negara Eropa dengan AS, selaku markas utama sebagian besar perusahaan digital global berasal. (rig)

Sumber : ddtc.co.id

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only