Diskon PPnBM di Tengah Isu Pajak Sembako

Industri otomatif saat ini tengah riang gembira. Penerapan diskon hingga penghapusan PPnBM produk otomotif terbutkti manjur mendongkrak penjualan otomotif di pasar dalam negeri. Bahkan target untuk bisa mencapai 750.000 unit kendaraan tahun ini diprediksi bakal tembus.

Apalagi pemerintah justri memperpanjang penerapan PPnBM 0% bagi produk otomotif hingga beberapa bulan ke depan. Ini sungguh ironi ditengah isu soal penerapan pajak ke sejumlah produk kebutuhan, dan terutama sekali adalah rencana penerapan pajak berupa PPN bagi sembako. Mulai dari beras, sayur mayur, hingga produk kebutuhan pokok lainnya.

Tujuannya adalah untuk menggali potensi pendapatan dari pemerintah yang mulai kepayahan dalam mencari sumber penerimaan akibat pandemi korona yang hingga saat ini masih terus berlangsung.

Persoalannya, pengenaan pajak sembako itu sudah pasti bakal mempengaruhi daya beli masyarakat. Karena pengenaan pajak tersebut pasti akan membuat harga sembako menjadi melonjak tanpa kecuali. Alih-alih ingin mendapatkan penerimaan negara, yang terjadi justru adalah ekonomi rakyat kebanyakan yang semakin terbebani. Mohon menjadi perhatian para pemangku kepentingan.

Sumber : Harian Kontan, Senin 14 Juni 2021 Halaman 15

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only