Digitalisasi Pembayaran Pajak, Aplikasi Ini Diluncurkan

NUNUKAN, DDTCNews – Pemerintah Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara meluncurkan aplikasi Bayar Pajak Tidak Ribet Hemat Biaya dan Akuntabel (Bapak Tiri Hebat) untuk mempermudah masyarakat membayar pajak.

Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid mengatakan aplikasi tersebut menjadi bagian dari upaya pemkab mengalihkan sistem pembayaran daerah dari konvensional menjadi serba digital. Dengan kemudahan tersebut, dia berharap kepatuhan masyarakat dalam membayar pajak juga meningkat.

“Perlu dilakukan pelatihan kepada personel yang menjadi operator dan mengenalkan program ini kepada masyarakat sehingga masyarakat paham dan mudah untuk menggunakannya,” katanya, Senin (7/6/2021).

Aplikasi Bapak Tiri Hebat, sambungnya, telah melewati proses uji coba aplikasi oleh Kantor Badan Pendapatan Daerah (Bapenda). Dia juga sempat menyaksikan tata cara dan alur pembayaran pajak untuk jenis pajak restoran.

Dia menilai kehadiran aplikasi tersebut akan mengubah pola pembayaran dari manual menjadi digital. Namun, dia menyarankan Bapenda untuk terus menggencarkan sosialisasi dan memberikan pelatihan kepada personel petugas agar implementasinya berjalan lancar.

Kepala Bapenda Sabri menjelaskan aplikasi Bapak Tiri Hebat bermula dari kebutuhan meningkatkan kualitas pelayanan di bidang perpajakan. Bapenda pun bekerja sama dengan beberapa stakeholder seperti Bank Kaltimtara untuk mewujudkan pembentukan aplikasi tersebut.

Menurut Sabri, aplikasi tersebut dapat melayani pembayaran 4 jenis pajak daerah, yakni pajak restoran, pajak hotel, pajak penerangan jalan, dan pajak hiburan. Dengan digitalisasi pembayaran tersebut, dia berharap akuntabilitas dan transparansi pengelolaan perpajakan pada Bapenda Kabupaten Nunukan makin baik.

“Setiap transaksi secara sistem akan dirancang langsung ke kas daerah dengan laporan realisasi anggaran terekam di server secara real time sekaligus memudahkan saat pelaporan dan pemeriksaan,” ujarnya, seperti dilansir kaltara.prokal.co.

Sumber: DDTC News, Selasa 8 Juni 2021

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only